Pedoman Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Dasar dan Menengah

Pedoman Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Dasar dan Menengah - Telah dirilis Kepmendikbudristek No.56 tentang Pedoman Penerapan Impementasi Kurikulum untuk satuan pendidikan.

Pedoman Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Dasar dan Menengah

Implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan harus memperhatikan ketercapaian kompetensi peserta didik pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus.


Masa pandemi Covid-19 merupakan salah satu kondisi khusus yang menyebabkan ketertinggalan pembelajaran (learning loss) yang berbeda-beda pada ketercapaian kompetensi peserta didik.


Untuk mengatasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) diperlukan kebijakan pemulihan pembelajaran dalam jangka waktu tertentu terkait dengan implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan.


Implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan dapat menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik dan harus memperhatikan ketercapaian kompetensi peserta didik di satuan pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran.


Maka satuan pendidikan diberikan opsi dalam melaksanakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran bagi peserta didik. Tiga opsi kurikulum tersebut yaitu Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat (yaitu Kurikulum 2013 yang disederhanakan oleh Kemendikbudristek), dan Kurikulum Merdeka.

Tujuan Implementasi Kurikulum Merdeka

Dalam rangka pemulihan ketertinggalan pembelajaran (learning loss) yang terjadi dalam kondisi khusus, satuan pendidikan atau kelompok satuan pendidikan perlu mengembangkan kurikulum dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan kondisi satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.

Berdasarkan Pedoman Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka satuan pendidikan yang ditetapkan sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak dan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan, kurikulum yang digunakan mengacu pada Kurikulum Merdeka  dan  pemenuhan  beban kerja guru serta linieritas sesuai dengan Keputusan Menteri ini.

Pelaksanaan Kurikulum Merdeka sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA huruf c diberlakukan secara bertahap dengan ketentuan sebagai berikut:

 

a. tahun pertama dilaksanakan bagi peserta didik dengan usia 5 (lima) sampai dengan 6 (enam) tahun pada pendidikan anak usia dini, serta peserta didik kelas I, kelas IV, kelas VII, dan kelas X pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.


b. tahun kedua dilaksanakan bagi peserta didik dengan usia 4 (empat) sampai dengan 6 (enam) tahun pada pendidikan anak usia dini, serta peserta didik kelas I, kelas II, kelas IV, kelas V, kelas VII, kelas VIII, kelas X, dan kelas XI pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah; dan


c. tahun ketiga dilaksanakan bagi peserta didik dengan usia 3 (tiga) sampai dengan 6 (enam) tahun  tahun pada pendidikan anak usia dini, serta peserta didik kelas I, kelas II, kelas III, kelas IV, kelas V, kelas VI, kelas VII, kelas VIII, kelas IX, kelas X, kelas XI, dan kelas  XII  pada jenjang  pendidikan dasar dan pendidikan menengah.


Pedoman Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Dasar dan Menengah

Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai keunggulan kurikulum merdeka yang diusung menteri nadiem silakan download pedoman  Nomor 56 tentang Penerapan Impementasi Kurikulum terbaru.

mengetahui Struktur Kurikulum Merdeka, Capaian Pembelajaran, Pembelajaran dan Asesmen
pada PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK sebagai berikut.

Unduhan Pedoman Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka DISINI

Download Tanya Jawab Seputar Kurikulum Merdeka Belajar pdf Selengkapnya DISINI

contoh kurikulum merdeka belajar
implementasi merdeka belajar di masa pandemi
kurikulum merdeka belajar pdf
konsep merdeka belajar
kurikulum merdeka belajar sd
pengertian kurikulum merdeka belajar pdf
kurikulum merdeka belajar sma

Belum ada Komentar untuk "Pedoman Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Dasar dan Menengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel