Cara Daftar Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di sim gurubelajar simpkb id Tahun 2022

Cara Daftar Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di sim gurubelajar simpkb id Tahun 2022. Kemendikburistek secara resmi telah meluncurkan Kurikulum Merdeka Belajar Episode Ke 15 (lima Belas) sebagai opsi pemulihan pembelajaran.


Kemendikbudristek telah membuka Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka bagi kepala sekolah sebagai tahap persiapan menyambut kurikulum baru tahun 2024.


Berdasarkan informasi portal kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id, Kemendikburistek saat ini telah mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang ditunjukan kepada satuan pendidikan untuk opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. 


Kebijakan Kemendikburistek terkait kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.


Baca Juga : Pedoman Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Dasar dan Menengah


Selain itu proses pendaftaran impementasi Kurikulum Merdeka dilaksanakan sesuai kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) yang memberikan keleluasaan satuan pendidikan di semua jenjang  dalam mengimplementasikan kurikulum.


Lalu bagaimana caranya mendaftarkan Sekolah, Madrasah, SKB, atau PKBM anda untuk mengikuti Implementasi Kurikulum Merdeka?


Untuk lebih jelasnya silakan ikuti tutorial Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada artikel ini. Selengkapnya berikut ini.


Cara Daftar Implementasi Kurikulum Merdeka Di sim gurubelajar simpkb id

Seperti yang telah kami disebutkan di atas, dalam artikel ini BingkaiGuru akan membagikan langkah-langkah mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi GTK yang memenuhi persyaratan adalah sebagai berikut :

Login laman : https://sim-gurubelajar.simpkb.id/.

Silakan masuk menggunakan akun simpkb yang terdaftar.

Masukan Akun dan paswod.


Setelah itu pada laman utama, klik tombol daftar lalu pada laman selanjutnya akan ada notif yang muncul, silahkan dibaca terlebih dahulu.


Terima kasih telah berminat dan sukarela mempertimbangkan pilihan menggunakan kurikulum merdeka jalur mandiri. Saat ini adalah fase prototipe, artinya satuan pendidikan dapat menggunakan kurikulum merdeka sekaligus memberikan umpan balik perbaikan sebelum penetapan kebijakan kurikulum pada tahun 2024. Kami akan meminta umpan balik secara berkala (3 Bulanan) untuk mendapatkan umpan balik perbaikan kurikulum sekaligus memetakan kebutuhan dukungan kepada satuan pendidikan dalam melakukan implementasi kurikulum merdeka


Selanjutnya Pilih tombol "Ikuti pembelajaran".


Untuk tahap berikutnya silahkan Anda tonton Video Pembelajaran IKM dengan cara klik mulai. Ada dua video yang wajib ditonton dan setiap video akan ditampilkan ada pertanyaan yang wajib dijawab.


Setelah selesai silahkan Pilih tombol isi kuesioner untuk melanjutkan langkah ke-2 Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka di sim gurubelajar simpkb.


Sebagai pengingat, Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka yakni 11 Pebruari - 31 Maret 2022


Berikut Pilihan yang ditawarkan kepada satuan Pendidikan dalam IKM jalur mandiri

Pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang di tawarkan oleh Kemendikburistek memberikan keleluasaan kepada satuan Pendidikan untuk menentukan pilihan berdasarkan Angket Kesiapan IKM yang mengukur bagiamana kesiapan guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan impelementasi kurrikulum merdeka.

Pada angket pendataan yang dikemabangkan dan di isi oleh guru dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan tidak ada pilihan yang paling benar, semua akan menyesuaikan dengan kesiapan satuan Pendidikan. Angket kesiapan yang memberikann pilihan yang paling sesuai terkait kesiapan satuan Pendidikan, dimana semakin sesuai maka semakin efektif implementasi kurikulum merdeka yang akan dilaknsakan di satuan Pendidikan.


Pilihan kesatu Mandiri Belajar, pilihan yang memberikan kebebasan kepada satuan Pendidikan saat menerapkan kurikulum Merdeka beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

Pilihan kedua Mandiri Berubah, pilihan yang memberikan keleluasaan kepada satuan Pendidikan saat menerapkan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

Pilihan ketiga Mandiri Berbagi, pilihan yang memberikan keleluasaan kepada satuan Pendidikan dalam menerapkan kurikulum merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.


Unduh Kepmendikbudristek tentang pedoman Kurikulum merdeka belajar DISINI


Demikian informasi cara daftar kurikulum merdeka belajar di sim gurubelajar simpkb. Semoga dapat bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Daftar Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di sim gurubelajar simpkb id Tahun 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel