Cara Login ANBK Kemdikbud Terbaru dan cara Verifikasi Data Siswa Dan Guru

Pelaksanaan akm/anbk tahun 2022 akan segera dilaksanakan, untuk itu silakan lakukan verifikasi data anbk tahun 2021. Untuk informasi tentang Alamat LOGIN Terbaru web asesmen Nasional berbasis Komputer (ANBK) yaitu di laman anbk.kemdikbud. Silahkan kalian akses linknya melalui portal https://anbk.kemdikbud.go.id.



Apakah sekolah anda akan atau sudah melaksanakan Asesmen Nasional (AN) tahun pelajaran 2021/2022 berbasis Komputer, maka perlu mengetahui informasi seputar ANBK yang bersumber dari website resmi kemdikbud tersebut. Adapun syarat-syarat untuk bisa melaksanankan ANBK khususnya sarana dan prasarana yang paling di utamakan.


Sesuai pedoman saat ini anbk adalah Asesmen nasional berbasis Komputer merupakan program terbaru kemendikbud tahun 2021/2022. Jadi bagi sekolah yang telah memiliki fasilitas wajib mengikuti kegiatan ANBK ini untuk segera melakukan verifikasi data.


Penyelenggaraan ANBK tahun 2021/2022 akan dilaksanakan dengan cara sistem semi-online dan juga full online. Jadi akan mempermudah kegiatan ujian karena nantinya soal akan dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Sedangkan hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online.


Dengan adanya program ANBK ini pemerintah memberikan bantuan chrome book agar bisa melaksanaan Asesmen Nasional tahun 2022/2023. 


Syarat Kegiatan ANBK Yang Harus di Siapkan

Sebelum membahas terkait cara login UNBK Kemdibud Terbaru kita jelaskan dulu persyaratan UNBK yang harus dimiliki oleh sekolah. Berikut persayaranya :


Siapakan petugas laboratorium komputer (proktor dan teknisi).


Sediakan komputer dengan spesifikasi (minimal) diantaranya adalah sebagai berikut:


Server

PC/Tower/Desktop (bukan laptop)

  • Processor 4 core dan clock rate minimal 1.6 GHz (64 bit)
  • RAM 8 GB, DDR 3
  • Harddisk 250 GB
  • Operating System (64 bit): Windows Server/Windows 8/Windows 7 /Linux Ubuntu 14.04
  • LAN CARD (NIC) 2 unit support GigaByte
  • UPS (tahan 15 menit)
  • Untuk jumlah server mengikuti rasio 1:40 (1 server maksimal untuk 40 client)
  • Cadangan 1 server.


PC atau Laptop

  • Monitor minimal 11 inch
  • Processor minimal single core
  • RAM minimal 512 MB
  • Operating System: Windows XP/Windows 7/Windows 8/ LINUX / MAC / Chrome OS
  • Web Browser: Chrome/Mozilla Firefox/Xambro
  • Hardisk minimal 10GB (free space)


LAN Card

  • Jumlah client mengikuti rasio 1:3 (1 client untuk 3 peserta)
  • Cadangan minimal 10%.
  • Headset/earphone (untuk ujian listening SMA/MA dan SMK)
  • Jaringan internet dengan bandwidth minimal 1 Mbps
  • Jaringan area lokal (Local Area Network - LAN):
  • Switch 10/100/1000 Mbps dengan jumlah port sesuai dengan jumlah komputer pada setiap setiap server.
  • Setiap server disarankan memiliki switch sendiri (jangan digabung dengan server lain).


Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca secara lengkap melalui link berikut: https://ubk.kemdikbud.go.id/persyaratan



Cara Login UNBK Terbaru Tahun 2022


Cara Login Peserta ANBK Terbaru DI https://anbk.kemdikbud.go.id/ dibilang cukup mudah, silakan siapkan username dan password yang diperoleh dari admin DinasPendidikan di tempat kerja anda. Silakan ikuti beberapa langkah di bawah


1. Tahap awal langsung buka browser dan ketikkan alamat ini https://anbk.kemdikbud.go.id/ di tab browser atau bisa langsung KLIK DISINI, lalu pencet enter. Nanti browser akan ditujukan ke situs login unbk Kemdikbud.


2. Silakan masukan username dan password dan code pengaman lalu klik tombol masuk


3. Apabila peserta tidak berhasil login lantaran salah memasukkan sandi, maka username peserta itu harus di lakukan reset ulang lebih dulu supaya bisa login kembali (lihat manual CBTSync)


4. Bila peserta sukses login, peserta akan masuk ke halaman Informasi Peserta Test. Web Informasi Peserta Ujian berisi identitas dan info pelajaran yang hendak ditangani oleh peserta tes.


Setelah peserta telah masukkan token ujian yang didapatkan dari proktor dan mengklik tombol Submit, peserta akan masuk ke halaman Konfirmasi Tes/ujian.


Halaman Konfirmasi Tes memberikan informasi tes yang bakal dikerjakan oleh peserta.


Sesudah peserta pastikan data informasi tes pada halaman Konfirmasi Test telah betul, peserta disuruh mengeklik tombol Mulai dan masuk ke halaman soal tes.


Sesudah peserta masuk ke laman tes, waktu tes mulai jalan, peserta test bisa melihat Waktu Sisa dari subtes yang anda lakukan.


Di bagian kanan ada thumbnail di mana peserta test bisa berpindah ke beberapa soal lainnya.


Untuk waktu ujian berhenti ketika peserta loading berpindah laman soal tes dan berjalan kembali saat sukses masuk ke situs soal tes selanjutnya.


Dalam menjawab soal, peserta tes bisa memakai mouse atau keyboard A, B, C, D, atau E.


Apabila peserta ingin menyelesaikan ujian walau waktu ujian masih ada, caranya mudah tinggal pilih tombol selesai di soal paling akhir dan mengkonfirmasi pemberitahuan mengakhiri tes dengan memberi tanda Cek.


Bila peserta belum selesai melaksanakan ujian/tes, namun waktu telah habis, jadi laman soal tes secara otomati akan tertutup.


Jadi bagi proktor, Meminta ke sekolah-sekolah peserta ANBK supaya terhubung situs ANBK kemdikbud dan secara berkala untuk memperoleh informasi atau pengumuman secara detail dari Pusmenjar berkaitan dengan ANBK.

Demikian informasi mengenai Cara Login ANBK Kemdikbud Terbaru dan cara Verifikasi Data Siswa Dan Guru. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Login ANBK Kemdikbud Terbaru dan cara Verifikasi Data Siswa Dan Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel