-->

Tips Mudah Menjawab Essai Calon Guru Penggerak Angkatan 6 Tahun 2022

Agar dapat lulus Seleksi Guru Pengerak berikut kami bagikan Tips Mudah Jawab Esai Calon Guru Penggerak Angkatan Tahun 2022. Mengisi jawaban esai harus menggunakan prinsip sesuai kaidah dan peraturan yang berlaku.

Tips Mudah Menjawab Essai Calon Guru Penggerak Angkatan 6 Tahun 2022


Proses pengerjaan pengisian Essai sangat penting karena perlu menyelesaikan sesuai aturan panduan guru penggerak. Sebagaimana kita ketahui bersama untuk mendapatkan hasil yang baik dan dapat lulus seleksi guru penggerak ada banyak tugas yang perlu  dikerjakan diantaranya yaitu melakukan pendaftaran, mengisi esain, tes bakat dan masih banyak lagi tugas yang dikerjakan.


Lalau apakah Anda sudah menyelesaikan proses pendaftraran calon Guru Penggerak Angkatan 6 Tahun 2022. Hal terpenting, dengan mendaftar berarti telah ada kemauan untuk melakukan perubahan. Setidaknya dengan konsep merdeka belajar, kita telah bersedia untuk menjadi guru yang semakin maju. Mendaftarlah sekarang, sebelum pendaftaran ditutup. 


Mengenai Capaian Pembelajaran Calon Guru Penggerak 2022, dapat diakses di laman: sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/detil-program/


Nah, berdasarkan panduan CGP, bahwa para calon guru pengerak akan diminta untuk mengisi uraian. Jadi esai tersebut diisi sesuai dengan pengalaman guru penggerak. Usahkan jangan mengarang sesuatu yang tidak dilakukan isi sesuai dengan fakta dan realita dan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan selama ini di sekolah.


Tips Menjawab Jawaban Essai Calon Guru Penggerak Angkatan

Berikut prinsip yang harus disimak dalam mengisi jawaban essai di Sekolah Penggerak SIM PKB adalah sebagaimana biasanya para calon GP dalam dunia tulis menulis, para sahabat perlu memerhatikan tips atau hal berikut.

  • Hindarilah menjawab dengan mengarang tanpa pernah melakukannya.
  • Jangan sampai menjiplak tulisan atau karya orang lain.
  • Tulislah pengalaman yang dilakukan sendiri saja.
  • Penuhi jumlah karakter minimal yang disyaratkan.
  • Jangan sampai ada soal yang tidak dijawab.
  • Pertanyaan opsional sebaiknya dijawab juga.


  • Siapkan berkas sesuai dengan syarat yang diperlukan.
  • Mendaftarlah sebelum waktu pendaftaran berakhir.
  • Segera lakukan secepat mungkin agar bisa dikoreksi kembali.
  • Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Tidak diperlukan jawaban berteori panjang tanpa praktik.
  • Jawaban jangan bertele-tele.


  • Pahami maksud pertanyaan dengan saksama.
  • Bertanyalah pada orang yang berpengalaman.
  • Gunakan hati, rasa, dan pikir dalam menjawab.
  • Konsultasikan jawaban pada sahabat dan mintalah saran.
  • Jawablah dengan tepat dan logis.
  • Jawablah dengan nalar dan kritis.


  • Perhatikan kemungkinan mengembangkan jawaban.
  • Sertakan bukti meyakinkan dalam menjawab.
  • Dan yang terakhir, jangan lupa seluruh jawaban tersebut di submit atau dikirim.


Proses dan Cara Pengisian Essai & Input Survei Guru Penggerak

Setelah Anda melakukan proses masuk (login) dan telah memahami instruksi yang ada di menu Beranda. Kemudian telah menyelesaikan tahap pengisian Curriculum Vitae. Maka proses selanjutnya yaitu tahap kedua mengisikan Essai Adapun tata cara mengisikan Essai Guru Penggerak sebagaimana langkah berikut:


1. Setelah Pendaftar masuk dan berada di menu Beranda. Kemudian curriculum vitae juga sudah selesai diinputkan.

2. Step selanjutnya silakan klik modul Essai atau klik pada tombol Mulai Kerjakan pada modul Essai tersebut.

3. Selanjutnya, silakan dicermati informasi dan ketentuan yang muncul. Kemudian jika memang sudah dipahami, dapat dicentangpernyataan yang ada pada 2 kotak kecil yang muncul


4. Saat Pendaftar mencentang pernyataan yang ada pada 2 kotak kecil, maka tombol Mulai Pengerjaan akan aktif. Klik Mulai Pengerjaan jika Pendaftar telah siap. Dan klik Batal jika belum siap.

5. Pendaftar selanjutnya akan diarahkan pada laman pengisian Essai sesuai dengan waktu yang telah disediakan. Klik Masuk.


6. Silakan dicermati informasi instruksi dan informasi yang tersedia. Dan jika sudah paham. Dapat klik Mencoba Kuis Sekarang untuk memulai proses Essai tersebut.

7. Pastikan kembali apakah betul pendaftar benar-benar ingin mengisi essai atau tidak dengan membaca informasi yang muncul. Klik Mulai jika memang ingin dimulai dan klik Batal jika sebaliknya.

8. Saat mulai. Maka pendaftar akan langsung dihadapkan pada beberapa pertanyaan yang harus dijawab secara deskriptif dengan tetap memperhatikan waktu pengisian.

9. Semua essai yang telah dijawab. Jika Pendaftar telah selesai, maka selanjutnya klik Finish Attempt dan akan mengarah ke halaman cek ulang dan konfirmasi di bawah ini. Ini adalah informasi terkait dengan essai yang telah diselesaikan,

10. Gulir hingga ke bawah untuk memastikan semua jawaban telah tersimpan. Jika Pendaftar ingin kembali mengubah jawabannya (dengan catatan waktu masih memungkinkan). Silakan klik Return to attempt. Dan jika sudah yakin ingin mengumpulkan, klik Selesaikan dan Kirim

11. Muncul konfirmasi kembali dan klik Selesai dan Kirim.

12. Kemudian akan menampilkan informasi terkait dengan essai yang telah dikumpulkan. Maka tandanya telah selesai.

13. Jika Pendaftar telah menyelesaikan essai. Maka centang hijau akan terbarui dan status essai menjadi selesai.


Download Panduan Lengkap Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Selengkapnya Disini


Demikian informasi yang dapat bingkaiguru bagikan mengenai Tips Menjawab Essai Calon Guru Penggerak Angkatan 6 Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel