Jadwal Pelaksanaan ANBK SD/MI Tahun 2021 dan Link Paket Soal AKM

Info BingkaiGuru - Jadwal Pelaksanaan ANBK Jenjang SD Tahun 2021 akan dilaksanakan pada bulan november mendatang. Nah, sebelum membahas lebih lanjut, kenali dulu apa itu ANBK? ANBK adalah Asesmen Nasional Berbasis Komputer, yang artinya siswa mengerjakan soal ujian menggunakan komputer.


Kemendikbudristek telah menerbitkan jadwal ANBK Jenjang SD/MI Tahun 2021. Selain itu Kemendikbudristek, juga telah melakukan beberapa penyesuaian peraturan dan kebijakan terkait teknis pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), khususnya jenjang sekolah dasar (SD).

Baca Juga : Download Contoh SK Panitia ANBK SD SMP SMA SMK  Tahun 2021

Kegiatan pelaksanaan ANBK SD/MI Tahun 2021, merupakan program pemerintah baru akan dilakasanakan pada tahun ini. Sedangakan untuk jenjang SMP, SMA dan SMK cukup pengalaman dalam melaksanakan ujian nasional berbasis komputer.


Jadi, ANBK 2021 ini merupakan program baru bagi jenjang SD/MI dan menjadi pengalaman pertama pastinya. Semoga dengan adanya ANBK dapat memberikan dampak positif dalam melakukan ujian.


Pelakasanaan ujian simulasi ANBK tahap uji coba pun telah dilakukan di banyak sekolah di seluruh Indonesia. Berdasarkan informasi Kemendikbudristek dan dinas pendidikan kabupaten/kota, hasil simulasi itu, kendala-kendala yang dihadapi sekolah berhasil dipetakan. Dari hasil pemetaan tersebut dilakukan penyesuaian kebijakan.


Adapun kebijakannya adalah : Bagi Jenjang SD yang sarana TIK-nya kurang memadai, Kemendikbudristek, memberikan kelongaran jadwal ANBK Sekolah Dasar menjadi 4 kali pelaksanaan dan bisa dilakukan 8 kali sesi. Jadi maksudnya, sekolah SD bisa melaksanakan ANBK sampai 2 pekan alias 8 hari. Beda dengan SMP dan SMA yang dilaksanakan cuma 1 pekan atau hanya 4 hari. Selengkapnya terkait jadwal ANBK Jenjang SD/MI dapat di lihat di bawah ini.


Jadwal Pelaksanaan ANBK Jenjang SD Tahun 2021


Gelombang 1 : pelaksanaan ANBK jenjang SD adalah tanggal 8, 9, 10 dan 11 November 2021.

Gelombang 2 : digelar pada tanggal 15, 16, 17 dan 18 November 2021.

Untuk jumlah murid yang mengikuti asesmen adalah 30 murid dari tiap sekolah. Mereka akan dipilih secara acak. Untuk jenjang SD, asesmen akan dilakukan terhadap kelas 5.


Paket-paket Soal Asesmen AKM

Kemendikbudristek menyediakan Aplikasi Materi AKM Kelas bagi tenaga pendidikan yang memerlukan kumpulan soal-soal AKM yang sudah jadi. AKM Kelas ini terdiri dari paket soal asesmen di mana di dalamnya sudah terkait soal-soal literasi membaca dan numerasi yang diambil dari bank soal yang sama dari AKM Asesmen Nasional.

Jadi tingkat kesukarannya, varian format soalnya, konteksnya hingga ragam kontennya memiliki kesamaan. Berikut untuk lebih jelasnya terkait Aplikasi Soal AKM Kelas yang dapat Anda unduh dibawah ini :

Download Aplikasi AKM Kelas Versi Desktop dan Versi Mobile Disini

Jadi dengan adanya aplikasi tersebut tenaga pendidik bisa merencanakan dan melaksanakan ujiannya berbasis gawai android ataupun komputer. Disini para guru juga bisa menggunakan aplikasi yang sama untuk membuat atau menulis soal, dan sekaligus bisa langsung melakukan pengolahan jawaban dari siswa.

Untuk AKM Kelas ini, tidak akan menjadi bagian dari sistem evaluasi dari satuan pendidikan. Aplikasi itu hadir semata-mata untuk membantu guru agar bisa melakukan pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan murid. Selengkapnya selengkapnya berikut kumpulan paket soal AKM SD terbaru dapat disimak dibawah ini.


Soal AKM SD Level 3 (Kelas 5 & 6)

Demikian informasi mengenai Jadwal Pelaksanaan ANBK SD/MI Tahun 2021 dan Link Paket Soal AKM. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel