Juknis US PAI Dan Budi Pekerti SD SMP SMA/SMK 2020/2021

Juknis US PAI 2021 telah disusun dan sudah diterbitkan oleh Kemenag. Penerbitan Kepdirjen Pendis No 631 Tahun 2021 tentang petunjuk teknis Ujian Sekolah dan Dudi Pekerti SD, SMP SMA dan SMK tahun pelajaran 2021/2022 tentunya mengatur pelaksanaan US disekolah.


Juknis US  PAI Dan Budi Pekerti SD SMP SMA/SMK 2020/2021


Jadi secara resmi Kemenag telah menyusun Juknis pelaksannan US PAI secara lengkap yang membahas peraturan penyelenggaran Ujian Sekolah tahun 2021.


Juknis US PAI dan Budi Pekerti adalah Pedoman penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Sekolah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada SD, SMP, SMA, dan SMK Tahun Ajaran 2020/2021.


Juknis US PAI Dan Budi Pekerti SD SMP SMA/SMK Tahun 2021/2022

Dalam juknis atau petujuk teknis ini mencangkup beberapa aspek penting terkait Ujian Sekolah US-BP jenjang pendidikan dasar dan menengah diantaranya adalah sebagai berikut :

A. Prinsip-Prinsip Umum.

B. Tujuan Petunjuk Teknis.

C. Penyusunan Kisi-Kisi Soal Ujian Umum dan Indikator.

D. Penyusunan Soal Ujian.

E. Penyelenggaraan Ujian Sekolah.

F. Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Ujian Sekolah dll.


Peraturan baru terkait juknis US Mata Pelajaran PAI ini, sangat penting karena sebagai acuan penyelenggaraan Ujian Sekolah agar berjalan dengan lancar. Apalagi saat ini penyelngaraan US menjadi kewenangan penuh satuan pendidikan dan dalam praktiknya Ujian Sekolah PAI menjadi tanggung jawab guru Pendidikan Agama Islam pada masing-masing satuan pendidikan.  


Sebagai bagian dari upaya penjaminan mutu, Direktorat Pendidikan Agama Islam, Kemenag RI menginisiasi penyusunan Juknis Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti pada Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Juknis US PAI 2021 ini memiliki sejumlah tujuan terkait pelaksanaan Ujian Sekolah Mapel PAI dan Budi Pekerti. Pertama, sebagai sarana penguatan konten moderasi beragama. Kedua, sebagai upaya penjaminan mutu kompetensi guru PAI.


Dalam petunjuk teknis ini dijelaskan prinsip-prinsip umum pelaksanaan Ujian Sekolah, serta dilengkapi pula dengan kisi-kisi dan contoh soal. Konten petunjuk teknis ini juga telah mengakomodir aturan terbaru terkait pembelajaran di masa pandemi sehingga beberapa ketentuan seperti capaian pembelajaran, level kognisi hingga tata cara Ujian Sekolah sudah menyesuaikan dengan situasi saat ini.


Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI terus berkomitmen dalam peningkatan pengelolaan pendidikan agama Islam di sekolah dengan beragam program dan inovasi. Kita berupaya dan berharap agar peserta didik tidak hanya cerdas intelektual akan tetapi dapat menjadi muslim sejati yang memiliki pengetahuan luas, nilai, sikap, tingkah laku yang sesuai dengan tuntutan Islam, bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, negara dan agama.


Untuk lebih jelasnya silakan unduh pedonannya dibawah ini :

Download Petujik Teknis US PAI Dan Budi Pekerti DISINI


Semoga dengan adanya juknis US PAI ini dapat mewojudkan moderasi beragama dapat diwujudkan melalui dunia pendidikan agama di sekolah. Penguatan konten moderasi beragama pada sekolah harus mengedepankan nilai-nilai integritas, solidaritas, dan tenggang rasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel