Juknis Dana Alokasi Khusus Fisik Pendidikan Tahun 2021

Penggunaan dana alokasi khusus Fisik Regurer Jenjang Pendidikan TK, SD, SMP, SMA dan SMK, tentunya harus berpedoman pada Juknis. Hal ini dikarenakan Juknis DAK Fisik Regurer sebagi acuan dana yang dialokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus fisik yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Juknis Dana Alokasi Khusus Fisik Pendidikan Tahun 2021


Lalu Apa itu Dana Dak Fisik ?

Sesuai juknis dana dak fisik adalah dana yang dialokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan  khusus fisik yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional dak fisik.


Sedangkan dak fisik leguler yaitu dana yang dialokasikan dalam anggaran pendapatan belanja negara kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk mendanai kebutuhan sarana dan/atau prasarana bidang pendidikan yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.


Juknis Dana Alokasi Khusus Fisik Pendidikan Tahun 2021


contoh dana alokasi khusus yang diperbolehkan


DAK Fisik 2021 Bidang Pendidikan yang dijabarkan terdiri atas subbidang PAUD, SD, SMP, SMA, SLB, SKB dan SMK.

Berdasarkan juknis, untuk setiap subbidang pada DAK Fisik Reguler Bidang Pendidikan memiliki rincian menu kegiatan yaitu terdiri atas: 

a. rehabilitasi prasarana pembelajaran dan prasarana penunjang; 

b. pembangunan prasarana pembelajaran dan prasarana penunjang; dan 

c. pengadaan sarana pembelajaran, yang dijabarkan kedalam Lampiran I sampai dengan Lampiran VII RPM ini.


Selain rincian menu kegiatan rehap, pembangunan, dan pengadaan sarana pembelajaran, RPM ini mengatur pelaksanaan rincian menu kegiatan: 

a. kelengkapan prasarana dan sarana pemanfaatan bangunan gedung; 

b. pembangunan ruang pusat sumber pendidikan inklusif; dan 

c. pengadaan peralatan teknologi, informasi, dan komunikasi, dan media Pendidikan, yang dijabarkan ke dalam Lampiran VIII sampai dengan Lampiran X RPM ini.

5. Semua menu DAK Fisik Reguler Bidang Pendidikan tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah berdasarkan mekanisme pengadaan barang/jasa melalui penyedia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pengadaan barang/jasa pemerintah.


Nah itulah atauran dana alokasi yang harus di jalankan berdasarkan petunjuk teknis tahun 2021


Untuk lebih jelasnya mengenai Juknis Dana Alokasi khusus meliputi bidang bidang Pendidikan Jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK dapat Anda, unduh panduanya dibawah ini:


Unduh Juknis DAK Fisik Regurer Semua Jenjang Pendidikan pdf DISINI


Demikian informasi yang dapat Bingkaiguru bagikan mengenai peraturan penggunaan DAK Fisik Terbaru tahun 2021. Semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel