Aplikasi E-rapor SMP 2020/2021 Kemdibkud dan Unduh Panduan Lengkapnya

Aplikasi E-rapor SMP 2020/2021 Kemdibkud dan Unduh Panduan Lengkapnya adalah postingan yang akan bingkaiguru bagikan.

Aplikasi E-rapor SMP 2020/2021 Kemdibkud dan Unduh Panduan Lengkapnya

Aplikasi e – rapor SMP adalah aplikasi penilaian hasil belajar peserta didik jenjang Sekolah Menengah Pertama yang teritegarasi denagn dapodik. Jadi, dengan adanya E rapor SMP terbaru versi 2.2 tahun pelajaran 2020/2021 penilaian hasil belajar siswa akan lebih cepat dan lebih akurat.

Aplikasi e-Rapor Versi 2.2 SMP ini dikembangkan dengan merujuk kepada panduan penilaian tahun 2017 cetakan ketiga yang diterbitkan oleh Direktorat SMP.

Sampai dengan panduan ini disusun, aplikasi e-Rapor sudah sampai pada versi 2.2.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 719/P/2020 mengisyaratkan bahwa fleksibilitas pelaksanaan kurikulum pada kondisi khusus bagi satuan pendidikan.

Terkait pelaksnaan kurikulum pada kondisi khusus, satuan pendidikan dapat melaksanaan pembelajaran dengan :

a. mengacu pada kurikulum nasional dengan KI dan KD sesuai Permendikbud No 37 tahun 2018 yang selama ini dilaksanakan oleh satuan pendidikan.

b. mengacu pada kurikulum nasional yang disederhanakan dengan KI dan KD sesuai dengan SK Kabalitbang dan Perbukuan nomor 018/H/KR/2020.

c. melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri.

Sehubungan dengan hal di atas aplikasi e-Rapor SMP sebagai pendukung manajemen penilaian perlu melakukan penyesuaian untuk dapat mengakomodasi kebutuhan satuan pendidikan sebagai pengguna dengan fitur-fitur tambahan sesuai pilihan kurikulum yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan.

Jadi dalam rangkah meningkatkan mutu penilaian dan layanan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama(SMP), terkusus dibidang pengelolaan hasil penilaian oleh pendidik serta satuan pendidik, maka pemerintah telah merilis aplikasi E-rapor untuk SMP versi terbaru.

Pada Aplikasi E rapor Terbaru smp 2020 terdapat pembaharuan dan perbaikan system, berikut daftar pembaharuanya.

Daftar Pembaharuan dan Perbaikan di Versi 2020/2021:

  1. [Pembaharuan] Penambahan sub menu Data Kompetensi Dasar pada menu Data Referensi Lokal (admin sitem paket).
  2. [Perbaikan]Perbaikan tampilan Data Kompetensi Dasar dikelompokkan berdasarkan KD dari Permen 37, Balitbang, atau Mandiri (admin sitem paket).
  3. [Pembaharuan] Penambahan menu Import Kompetensi Dasar (admin sitem paket).
  4. [Pembaharuan] Penambahan menu Download Format Import Kompetensi Dasar (admin sitem paket).
  5. [Pembaharuan] Penambahan menu Upload Kompetensi Dasar (admin sitem paket)
  6. [Pembaharuan] Penambahan menu aktif/non aktifkan Kompetensi Dasar secara bersamaan (Guru).
  7. [Pembaharuan] Penambahan Data Kompetensi Dasar sesuai permendikbud 37.
  8. [Perbaikan]Perbaikan pengambilan data sekolah.
  9. [Perbaikan]Perbaikan referensi Agama Khonghucu.
  10. [Perbaikan]Perbaikan pengecekan nilai yang dikirim ke dapodik.
  11. [Perbaikan]Nonaktif Tombol "Tanpa Setting Kertas" pada cetak rapor.

Memang saat ini aplikasi erapor khusus untuk jenjang SMP yang digunakan yaitu aplikasi erapor versi 2.0 tetapi saat ini telah di update lagi menjadi versi yang lebih terbaru  yakni erapor versi 2.2

Pada aplikasi erapor versi 2.2 untuk jenjang SMP ini tidak di sediakan dalam bentuk installer full namun hanya dalam bentuk updater sehingga untuk bisa menggunakannya maka sekolah harus terlebih dahulu memiliki aplikasi erapor versi 2.1 dan kemudian nantinya dapat secara otomatis melakukan pengupdatean ke versi anyar yaitu versi 2.2.

Download E Rapor SMP 2020/2021

untuk menjalankan aplikasi tersebut silahkan update dengan cara mendownlod dan mengistal aplikasi e rapor 2019.

Download Installer Aplikasi E-rapor SMP Veri Terbaru 2020 melaui laman http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/#unduh, atau dapat Anda langsung unduh dibawah ini.

Jika anda ingin melihat tampilan baru dari aplikasi erapor versi 2.2 tersebut maka silakan langsung saja unduh aplikasi erapor versi 2.1.1 dan updater versi 2.2 berikut ini :

Download Aplikasi e-Rapor SMP versi 2.1.1 DISINI
Download Aplikasi e-Rapor SMP versi 2.2 DISINI

Panduan Aplikasi E-rapor SMP versi 2020

Bagi Anda yang ingin mengisi nilai dan akan mulai menggunakan e-Rapor  Vesi 2020/2021 jenjang SMP, Kami sarankan bagi admin untuk membaca tuntas panduan lengkap e-Rapor dan panduan penilaian.

Jadi, Sebelum mulai menggunakan e-Rapor, pastikan data pada dapodik sudah final; usahaan jangan sampai ada siswa salah rombel, siswa salah data rincian. Apabila penginputan dapodik yang tidak sesuai prosedur karena dapat menyebabkan permasalahan bertingkat.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas terkait panduan lengkap cara install, login dan mengisi nilai di Apliksi e-rapor pada sekolah smp tahun 2020/2021, silakan unduh pada tautan dibawah ini.

Download Panduan E-rapor Terbaru 2020 Jenjang SMP DISINI

Demikian, informasi yang dapat kami bagikan mengenai Update aplikasi Erapor SMP versi terbaru tahun 2020/2021. Semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel