Pedoman Implementasi Informatika Kurikulum 2013 SD SMP SMA

Pedoman Implementasi Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 adalah buku pedoman yang memuat prosedur dan subtansi yang dapat digunakan oleh sekolah dalam menyelengarakan muatan/mata pelajaran Informatika.
Pedoman Implementasi Informatika Kurikulum 2013 SD SMP SMA SMK

Mata pelajaran Informatika yang ditambahkan sebagai K13 tersebut bukan berarti bahwa mata pelajaran teknologi informatika dan komunikasi (TIK) yang ada sebelum Kurikulum 2013 dimunculkan kembali dengan sekedar pergantian nama, karena pada hakekatnya TIK hanya merupakan salah satu bagian dari informatika.

Adanya Mapel Informatika sebagai disiplin ilmu muncul diiringi dengan perkembangan cepat TIK yang lebih berorentasi kepada pengguna perangkat.

Berdasarkan Pedoman Implementasi Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 tahun 2019, Implementasi mta pelajaran Informatika tidak menghapus Bimbingan TIK, akan tetapi muatan yang dirancang pada bagian TIK dapat menjadi bagian dari Bimbingan TIK dengan tambahan mata pelajaran Komputasional Aspek Sosial dan Analisis Data.

Pedoman Implementasi Informatika Kurikulum 2013 SD SMP SMA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengakomodasi kebijakan diselenggarakannya Informatika sebagai muatan pembelajaran pada Sekolah SD/MI dan sebagai mata pelajaran (mapel) Informatika pada Sekolah SMP/MTs dan SMA/MA.

Tujuan Buku Pedoman Implementasi Informatika Kurikulum 2013

Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 ini disusun dengan tujuan agar dapat membantu semua pemangku kepentingan agar:

1. memahami pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan Informatika pada pendidikan dasar dan menengah.

2. memahami konsep Informatika, muatan, dan perangkat kurikulumnya.

3. memahami proses pembelajaran yang diharapkan akan dilaksanakan.

4. mengetahui kriteria sekolah pelaksana mapel Informatika.

5. memahami prinsip, tahapan, dan strategi implementasi muatan/mapel Informatika di sekolah.

Ruang Lingkup Pedoman Mata Pelajaran Informatika K 13

Selain itu pada buku pedoman implementasi Informatika K 13 terbaru ini berisi hal-hal yang cukup menarik diantaranya sebagai berikut.
  1. Pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan informatika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  2. Syarat implementasi.
  3. Muatan kurikulum Informatika.
  4. Mekanisme implementasi muatan/mapel Informatika di sekolah.
  5. Strategi implementasi.

Isi Mapel Informatika Kurikulum 2013

Dalam mata pelajaran atau mapel Informatika berisi seperangkat KI (kompetensi inti) dan KD (kompetensi dasar) yang bertujuan untuk memberikan “bekal” keilmuan informatika kepada peserta didik jenjang pendidikan SD/Mi, SMP/MTs, dan MA/SMA.

Adapun Bekal yang dimaksud itu terdapat 4 kemampuan diantaranya sebagai berikut.

1. Berpikir, merupakan berpikir komputasional yang menjadi landasan dan prinsip pemecahan persoalan yang akan diselesaikan dengan bantuan komputer.

2. Berkarya dan terampil, yaitu kemampuan dalam menggunakan dan menghasilkan produk TIK serta berkomunikasi dan berkolaborasi di dunia digital dengan memanfaatkan sarana TIK.

3. Berpengetahuan, merupakan kemampuan tentang keilmuan informatika yang mencakup lima area pengetahuan informatika yaitu Teknik Komputer, Jaringan Komputer/Internet, Analisis Data, Algoritme, dan Pemrograman, dan Dampak Sosial Informatika.

4. Berkarakter, merupakan berkemampuan dalam mendayagunakan teknologi untuk menunjang kehidupan dan berkomunikasi.

Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai Pedoman Implementasi Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 yang dapat dijadikan rujukan bagi semua pemangku pepentingan dalam menerapkan Kurikulum 2013 Informatika dapat Anda unduh dibawah ini.

Download Implementasi Informatiak Kurikulum 2013 Pdf DISINI

Demikian informasi mengenai Pedoman Implementasi Informatika Kurikulum 2013 Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Semoga dapat bermanfaat.