Juknis Program Beasiswa S2 Calon Pengawas PAI Tahun 2019

Info Bingkaiguru - Juknis Beasiswa S2 Calon Pengawas PAI adalah petunjuk dalam penyelenggaraan pemberian Beasiswa S2 Guru PAI Calon Pengawas PAI Tahun Anggaran 2019.

Juknis Program Beasiswa S2 Calon Pengawas PAI Tahun 2019

Program Beasiswa S2 Calon Pengawas PAI adalah program pemberian beasiswa studi S2 di Perguruan Tinggi yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kepada para Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) serta pegawai negeri sipil yang akan menjadi calon pengawas PAI untuk meningkatkan mutu, kapabilitas, dan profesionalitas mereka dalam penyelenggaraan pendidikan agama Islam yang berorientasi pada peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan.

Tujuan Beasiswa Calon Pengawas PAI

  1. Meningkatkan kompetensi profesionalitas guru bidang PAI dan pengawas PAI pada sekolah.
  2. Meningkatkan mutu pelayanan pendidikan agama Islam pada sekolah.
  3. Meningkatkan kapabilitas guru dan pengawas.
  4. Meningkatkan kesejahteraan guru dan pengawas dalam pengembangan karier dan peran sosial.
  5. Meningkatkan citra Pendidikan Agama Islam di masyarakat.


Sasaran Program Beasiswa Pengawas PAI
Sasaran program ini adalah untuk Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) berstatus PNS. Selain itu Calon pengawas rumpun pendidikan agama Islam pada sekolah, diutamakan untuk program studi Manajemen Pendidikan Islam.

Juknis Program Beasiswa S2 Calon Pengawas PAI Tahun Anggaran 2019

Persyaratan dan Mekanisme Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Penetapan Perguruan Tinggi (PT) Penyelenggara Program dilakukan melalui persyaratan dan mengikuti mekanisme sesuai petunjuk teknis. Berikut mekanisme dan syarat Beaswa bagi calon pengawas PAI, sebagai berikut:

1. Persyaratan Mengikuti Beasiswa S2 Calon Pengawas PAI

Akademik

  • Punya ijazah Sarjana S1 Peruruan tinggi Agama Isalam (Negeri /Swasta) atau perguruan tinggi lain terakreditasi untuk Program Magister.
  • Menyerahkan proposal tesis yang topiknya sesuai dengan prodi Manajemen Pendidikan Islam.
  • Menyerahkan Rekomendasi dari pimpinan intansi (dimasukan kedalam amplop tertutup).


Administrasi

  • Membayar uang pendaftaran ebesar Rp 350.000
  • Menyerahkan foto copy ijazah S1
  • menyerahkan Foto berwarna 3x4 cm dan 2x3 yaitu 4 lembar.

2. Mekanisme Beasiswa S2 Calon Pengawas PAI

a. Direktorat Pendidikan Agama Islam menginformasikan adanya program Beasiswa Studi S2 Calon Pengawas PAI kepada PT yang dinilai layak bekerjasama dan memiliki Prodi yang dibutuhkan.

b. PT calon penyelenggara program mengajukan penawaran untuk menjadi mitra kerja: menyampaikan program dan profil dalam bentuk proposal, sekurangkurangnya memuat hal-hal sebagai berikut:

  • Status akreditasi.
  • Deskripsi program studi.
  • Kondisi akademik.
  • Kondisi ketenagaan, dengan latar belakang pendidikan yang mendukung program;
  • Kondisi dan kelengkapan sarana prasarana.
  • Keunggulan lain yang dimiliki.

c. Direktorat Pendidikan Agama Islam melakukan seleksi administratif terhadap proposal penawaran kerjasama yang diajukan Perguruan Tinggi calon penyelenggara program.

d. Direktorat Pendidikan Agama Islam menentukan nominasi Perguruan Tinggi calon penyelenggara program.

e. Direktorat Pendidikan Agama Islam mengundang Perguruan Tinggi nominator penyelenggara program untuk mempresentasikan kesiapannya dalam menyelenggarakan pendidikan pascasarjana bagi penerima beasiswa dimaksud.

f. Direktorat Pendidikan Agama Islam menentukan dan memberitahukan Perguruan Tinggi penyelenggara program kepada pihak-pihak terkait melalui surat atau media lain.

g. Penetapan Perguruan Tinggi penyelenggara program beasiswa studi dilakukan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

h. Perguruan Tinggi penyelenggara program secara bersama-sama melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama penyelenggaraan program beasiswa dengan Direktur Pendidikan Agama Islam a.n. Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai informasi jadwal pendaftaran bagi peserta calon pengawas PAI dan petunjuk teknis petunjuk terbaru Program Beasiswa S2 Calon Pengawas PAI Tahun 2019 dapat Anda unduh dibawah ini:

Unduh Surat Edaran Tentang Program Beasiswa S2 Calon Pengawas PAI Klik DISINI

Jadwal Pendaftaran Calon Peserta Beasiswa S2 GPAI Calon Pengawas PAI LIK UNDUHAN

Download Juknis Beasiswa S2 Calon Pengawas PAI PDF Tahun 2019 UNDUHAN

Demikian yang dapat bingkaiguru sampaikan mengenai pedoman Beasiswa S2 untuk Calon Pengawas PAI  2019. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan terimakasih.