Panduan Lengkap Aplikasi Dapodik Paud Versi Terbaru

BingkaiGuru.Com - Pada kesempatan akan memberikan materi panduan lengkap penggunaan Aplikasi Dapodik Paud versi terbaru. Panduan ini dapat dijadikan pedoman bagi bapak/ibu yang bertugas sebagai operator sekolah jenjang paud yang ingin melakukan registrasi dan memilih metode singkronisasi.

Berikut untuk lebih jelasnya mengenai pedoman panduan Aplikasi Dapodik Paud veri terbaru secara lengkap yang dapat Anda lihat dibawah ini :

Panduan Lengkap Aplikasi Dapodik Paud Versi Terbaru


Panduan Pertama Melakukan Registrasi

Jika lembaga sudah memiliki username Dapodik yang aktif, tahapan ini bisa dilewati dan langsung ke
bab Pemilihan Aplikasi dan Metode Sinkronisasi.

Melakukan registrasi Dapodik diperuntukan bagi lembaga yang belum mengaktifkan Username Dapodik. Jadi jika usernem dapodik-nya sudah aktif, bisa lewati panduan pertama ini, dan bisa langsung ketahap berikutnya yaitu pemilihan metode Singkronisasi.

Adapun langkah – langkah registrasi sebagai berikut :

  1. Proses registrasi Username dilakukan di aplikasi Manajemen manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id.
  2. Kemuian Pilih menu Log In (Satuan Pendidikan).
  3. Pilih Menu Daftar Baru/Lupa Password.
  4. Setelah itu silakan Anda Masukkan Kode Registrasi Dapodik Paud/TK berjumlah 36 digit yang diperoleh di dinas pendidikan setempat, beserta NPSN dan kemudian tekan tombol Verifikasi.
  5. Bila kode registrasi dan NPSN benar, maka akan muncul tampilan formulir pendaftaran pengguna baru. Pada tampilan formulir tersebut silakan isi Nama Lengkap, email, Password, No. HP, No. Telp kemudian simpan untuk membuat pengguna/user Dapodik baru.
  6. Jika memang pengguna di satuan pendidikan tersebut sudah terdaftar atau sudah ada, maka email dan nama pengguna sudah tidak dapat diubah. Namun, pengguna masih bisa melakukan perubahan password, dengan persyarat email sudah terverifikasi. Proser menghapus/mengubah Username dapat dilakukan melalui aplikasi manajemen atau dengan meminta bantuan dinas untuk mereset username/pengguna.


Panduan Kedua Memilih Aplikasi Dapodik Paud Dan Metode Singkronisasi

1. Proses sebelum menggunakan aplikasi Dapodik Paud Online atau Dapodik Paud Offline, tiap-tiap satuan pendidikan dapat memilih penggunaan aplikasi dan metode sinkronisasi Dapodik. Untuk melakukan pemilihan dilakukan pada aplikasi (https://manajemen.pauddikmas.kemdikbud.go.id) dan Silahkan Anda login Aplikasi Manajemen Paud sebagai satuan pendidikan menggunakan akun Dapodik yang sudah dimiliki.

2. Setelah login silakan cek dan pastikan Menu setatus pendidikan terpilih. Kemudian cek kembali dan Pastikan data Identitas Lembaga sudah terisi dengan baik dan benar. 

3. Klik tombol di sebelah ikon wifi/internet dan pastikan telah terhubung.

4. Pilih aplikasi dan metode sinkronisasi yang akan digunakan. Penjelasan dari pilihan Aplikasi dan Metode sinkronisasi adalah:

a. Dapodik Online : pengerjaan data dilakukan secara online pada web https://app.pauddikmas.kemdikbud.go.id/dapodik.

b. Dapodik offline / Sikronisasi Online : pengerjaan aplikasi dengan menggunakan aplikasi yang terinstal pada laptop/pc kita dan melakukan sinkronisasi secara online.

c. Dapodik Offline/Kirim File (offline) : pada pengerjaan ini menggunakan aplikasi dapodik yang sudah terinstal juga dan singkronisasi secara offline dengan mengirim/mengupload file yang dihasilkan aplikasi dapodik.

Kemudian Klik Simpan.

Panduan Ketiga Penggunaan Aplikasi Dapodik Paud Online

Jika memilih menggunakan aplikasi Dapodik Offline, Langkah selanjutnya adalah
mendownload aplikasi melalui website https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud kemudian
lakukan instal aplikasi Dapo PAUD, kemudian install 

Panduan Kempat Aplikasi Dapodik PAUD Offline versi 3.4.0


Aplikasi Dapodik PAUD Offline versi 3.4.0 dirilis untuk satuan pendidikan yang mengalami terkendala untuk menjangkau jaringan internet.

Pada aplikasi versi terbaru ini terlah hadir menu formulir penilaian kerusakan ruang/bangunan yang telah diperbaharui, sehingga mampu memberikan gambaran tentang kondisi fisik termasuk kondisi kerusakan bangunannya dengan jelas dan bisa dipertanggung jawabkan, terutama dalam menyampaikan data kondisi fasilitas infrastrukturnya dalam Dapodik PAUD dan Dikmas.

Baik langsung saja kepokok pembahasan mengenai panduan tata cara mengunakan dapudik paud offline versi terbaru, selengkapnya berikut ini.

Langkah - Langkah Menggunakan Aplikasi Dapodik Paud Secara Offline

Jika Anda ingin memakai aplikasi Dapodik Offline, Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi tersebut melalui website dapo paud dikmas kemdikbud dan kemudian silakan lakukan instal aplikasi Dapo PAUD, kemudian install. Silakan Download Aplikasi Dapodik Paud Versi 3.4.0 disini.

Nah itulah panduan dapodik paud 2019 terbaru yang dapat kami bagikan. Jika masih kurang jelas dan masih kurang pahan mengenai pandua diatas dikarenakan tidak ada gambarnya tenang saja dibawah ini kami bagikan pedoman panduan dapodik paud lengkap dengan gambar yang dapat Anda unduh dibawah ini :

Panduan Dapodik Paud 2019 Pdf Link Unduhan

Panduan Kerusakan Bangunan Dapodik Paud 2019 pdf Link Unduhan

Download Aplikasi Dapodik Paud/TK versi 3.4.0 Disini

Demikian arikel kali ini semoga dapat bermanfaat.