Download Aplikasi E-rapor SMP versi 1 2 Tahun pelajaran 2018/2019

Download Aplikasi E-rapor SMP versi 1.2 merupakan informasi yang akan kami bagikan kepada bapk/ibu petugas pendataan Erapor jenjang SMP tahun 2019. Pada tahun pelajaran 2018/2019 semester 1 jenjang Sekolah Menengah Pertama menggunakan aplikasi erapor versi terbaru yaitu E-Rapor SMP versi 2.1.
Download Aplikasi E-rapor SMP versi 12
Download Aplikasi E-rapor SMP 2018 1.2

Kepada para ops SMP khusus disekolah binaan yang sudah menggunakan E-rapor SMP, perlu mengetahui bahwa saat ini telah rilis e-rapor SMP vesi terbaru yaitu Aplikasi Erapor SMP versi 1.2. Adapun fungsi dari apalikasi ini yaitu untuk melakukan pengimputan nilai rapor dan nilai USBN pada tahun 2019 semester 1. Untuk itu silakan dapat langsung menggunakan E-rapor versi 1.2 untuk jenjang SMP.

Adapun saran kami disin dalam proses pengimputan erapor versi terbaru yang harus diperhatikan yaitu apabila pengimputan rapor sudah dilakukan secara manual langsung di dapodik, usahakan jangan melakukan singron nilai e-rapor ke Dapodik karena hal ini akan menyebabkan data dapat menjadi ganda di dapodik.


Update E-rapor SMP versi 1.2 2018

Semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 e-Rapor SMP telah diperbaharui kedalam versi terbaru dan pembaharuan ini menjadikan aplikasi input erapor menjadi lebih profesional.

Untuk lebih jelasnya berikut daftar perubahan dan perbaikan di aplikasi Erapor SMP Versi 2018 1.2 adalah sebagai berikut:

Daftar Pembahrauan Aplikasi E-rapor SMP Tahun 2018 Versi 1.2

[Update] Menambah fiktur status online user
[Update] Update database e-rapor ke Versi 3. 73
[Update] Pembahrauan dan perbaikan sistem kirim nilai ke aplikasi dapodik sesuai role dapodik yang lebih baru.
[Update] Pembaharuan dan perbaikan role pengambilan data dari dapodik, yaitu cuma mengambil data yang sudah dikirim keserver posat.
[Update]pembaharuan menu hapus anggota kelas, untuk keperluan menghapus data siswa dari rombel yang salah.
[Update] penambahan panjang karakter keteragan ketercapaian KD dari 200 menjadi 300 karakter.
[Update] penambahan menu/fiktur input nilai akhir saat login semester sebelum semester aktif.
[Update] menambah fitur input nilai tempat tandatangan rapor.
[Update] pembaharuan tampilan keterangan rapor kelas IX semester 2 menjadi Lulus/Tidak Lulus.
[Update] Menmbah data tim Teknis pada Halaman muka e-rapor.
[Update] Perbaikan Bug cetak leger K2013.
[Update] Memperbaiki bug tampilan konversi tanggal pada cetak pelengkap rapor.
[Update] memperbaiki bug tampilan KKM pada cetak masal rapor KKM Tunggal

Informasi Penting Sebelum Menggunakan

Jika Anda sudah menggunakan e-Rapor V1.1, untuk menjalankan aplikasi tersebut silahkan update dengan cara sebagai berikut:

1. Pastikan sudah melakukan instalasi e-Rapor SMP V1.0 dan sudah update ke V1.1.
2. Backup pekerjaan anda sebelum update ke Versi 1.2.

3. File backup di Versi 1.1 hanya dapat di restore di Versi 1.1 (database yang sama);
4. Lakukan updater dari Versi 1.1 ke Versi 1.2 (jangan melakukan uninstal aplikasi e-Rapor V1.1 yang sudah terinstal sebelumnya).

5. Selama proses update, tutup semua aplikasi lainnya, dan pastikan antivirus dinonaktifkan.

6. Jika penginputan nilai rapor sudah dilakukan manual langsung di dapodik, jangan melakukan sinkron nilai e-Rapor ke dapodik karena akan menyebabkan data menjadi ganda di dapodik.

7. Sebelum melakukan sinkron ke dapodik, pastikan tidak ada data pembelajaran yang ganda.

8. Disiplin untuk membuat akun admin lebih dari satu, dan selalu melakukan backup setelah selesai melakukan pengerjaan e-Rapor.

9. Penginputan nilai USBN dapat dilakukan di e-Rapor yang kemudian disinkronkan ke dapodik.

Cara Menggunakan Erapor SMP Veri 2018 2.1

  • Sebelum memggunakan Aplikasi erapor, pastikan semua data di apalikasi dapodik telah final. Jadi usahakan jangan sampai siswa Salah rombel, siswa salah data rincian, jangan sampai melakukan pengimputan dapodik yang tidak sesuai prosedur karena dapat mengakibatkan permasalahan data bertingkat.
  • Silakan lakukan prosedur bertingkat dengan cara melakukan penginstalan e-rapor mulai dari versi 1.0, kemudian lakukan Update ke versi 1.1, setelah itu udate lagi ke versi 1.2.
  • Lakukan proses install e-rapor smp yang terdapat aplikasi dapodik.
  • Selama proses install dan Update, jangan lupa tutup semua aplikasi lainya, dan pastikan antivirus dinonaktifkan.
  • Setelah sudah selesai melakukan installasi, akan muncul laporan 2 port yang bisa diakses. Port 2679 digunakan untuk akses local host, sedangkan port 3679 untuk akses melalui client.
  • Disiplin untuk membuat akun admin yang bisa lebih dari satu, dan selain melakukan backup setelah rampung melakukan proses pengerjaan erapor.
  • Pastikan untuk tidak melakukan pengistalan versi 2018, karena versi tersebut adalah versi ujicoba.

Aplikasi e-Rapor berbasis Web

E-Rapor SMP yaitu aplikasi berbasis web, di mana dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server.

Sedangkan client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan peserta didik,kepala sekolah dan orang tua) dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser.

Nah, itulah prosedur yang harus dilakukan saat akan menggunakan aplikasi erapor SMP versi terbaru. Dan untuk lebih jelasnya terkait update dan cara instalnya berikut kami bagikan paduan lengkapnya :


Silahkan aktifkan aplikasi terbaru e-rapor kemdikbud nya  dikomputer atau laptop Anda. Silakan tinggal download saja erapor update yang barunya dibawah ini :

Download E-rapor SMP 2019 DISINI

Link e-RaporSMP-V1.0
Link Updater e-RaporSMP V 1.0 to V.1.1
Link Updater e-RaporSMP V 1.1 to V.1.2

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pengaktifan aplikasi E-Rapor SMP versi 2018 1.2.