Cara Tarik Peserta Didik (PD) Online Di Dapodik 2018/2019

Jika, Anda telah melakukan singronisasi tarik PD baru dan mengikuti semua panduan cara tarik Peserta Didik Online Di dapodik tapi belum berhasi, apa yang harus dilakukan? Lakukanlah proses tarik yang benar secara lengkap dalam melakukan tarik peserta didik.

Cara Tarik Peserta Didik (PD) Online Di Dapodik 2018/2019
Cara Tarik Peserta Didik Baru Dapodik 2019

Pada tahun ajaran baru semester 1 Aplikasi Dapodik versi 2019 telah resmi diluncurkan, pertanda tugas operator pendataan sudah didepan mata,mulai dari mengisi data rinci sekolah, data sarana dan prasarana, meluluskan siswa pada tingkat akhir, input peserta didik baru dan penarikan peserta didik dari sekolah sebelumnya. Tidak cuma itu, ada tugas lain seperti pembuatan rombongan belajar, maping peserta didik pada rombongan belajar, pengisian jadwal pembelajaran, dan lain-lain.

Nah, untuk kesempatan kali ini Admin akan membahas terkait input peserta didik baru di dapodik 2018/2019. Adanya aplikasi dapodik versi terbaru ini tentunya untuk mempermudah dan mempercepat kerja operator karena tersedianya fasilitas tarik peserta didik. Syarat mutlak penggunaan fasilitas ini yaitu siswa yang bersangkutan harus benar-benar lulus dari jenjang sebelumnya.

Pada fasilitas/menu ini juga mengakomodir mutasi siswa dari jenjang yang sama, dengan syarat yaitu telah mutasi dari sekolah asalnya.

Sekarang dengan adanya Dapodik Versi 2019 tugas tarik peserta didik (PD) menjadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan penginputan data Siswa pindahan tidak dilakukan lagi seperti biasanya yang dilakkan dengan cara input manual. Namun dalam mutasi yang dilakukan oleh peserta didik cukup dengan melakukan “Tarik Peserta Didik” dihalaman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ secara online.

Jadi proses tarik PD baru mampu memudahkan petugas pendataan saat ada mutasi/perpindahan Peserta Didik sehingga tidak perlu lagi menginput data Peserta Didik baru tersebut secara manual.

Untuk itu, berikut ini akan kami ulas proses tarik peserta didik di dapodik secara lengkap untuk mempermudah Anda saat mengisi penarikan siswa dan mampu meningkatkan reputasi aplikasi dapodik Anda.

Cara Tarik Peserta Didik Baru/ Mutasi Dapodik Online 2018

Lalau bagai mana langkah - langkah proses mutasi siswa melalui aplikasi dapodik 2018 versi terbaru. nah untuk lebih jelasnya mengenai cara meluluskan siswa saat proses tarik/mutasi online dapat anda simak dibawah ini.

Berikut tips cara meluluskan siswa :

1. Kunjungi alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
2. Pada pojok kanan atas klik Login, kemudian pilih Menejemen Sekolah

3. Masukkan Username dan Password dapodik, kemudian klik Kelolah Data Sekolah.

4. Setelah berhasil login Anda akan diarahkan ke tampilan halaman utama (beranda). Pastikan informasi akun yang ditampilkan valid datanya. Jika benar atau valid, Pilih tombol “Kelola Data Pokok” untuk melakukan tarik/tambah peserta didik baru.

5. Pilih menu “Peserta Didik” lalu pilih tombol “Tambah Peserta Didik”.

5. Setelah itu klik Tarik PD Dapodik pada pilihan sumber data lalu pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan sekolah asal. Kemudian sesudah melakukan pilihan klik tombol “ Tampilkan “ untuk memunculkan data peserta didik yang telah lulus.

6. Cari nama peserta didik yang dimaksud, setelah ditemukan pilih data peserta didik /siswa dengan mencentang kotak di kiri data peserta didik.

7. Bila telah mencentang dan memilih data peserta didik yang dituju kemudian klik tombol “ Simpan “ .

9. Jika proses sudah dilakukan maka tampil pemberitahuan Peserta Didik Tersimpan dan Peserta didik (PD) baru berhasil ditampilakan.


Untuk lebih jelas mengenai menarik peserta didik secara jelas yang dilengkapi dengan gambar berikut admin bagikan :

Download Panduan Lengkap Tarik PD Dapodi 2019

Tips dan solusi tarik siswa online Jika NISN tidak ada

1. Bila anda sudah memasukkan NISN atau Nama Peserta didik namun ketika anda klik "Cari Peserta Didik" tidak ada data yang muncul, berarti Peserta Didik yang bersangkutan belum dikeluarkan dari sekolah dulu.

2. Untuk itu usahakan untuk menghubungi sekolah lama terkait dengan pengeluaran Nama Siswa dari Aplikasi Dapodik. Selanjutnya Operator sekolah lama untuk segera menyingkronkan data. Setelah sinkronisasi data yang dimaksud baru bisa ditarik secara online.

Itulah cara mutasi siswa di dapodik 2018 terbaru secara online. Bagai mana mudah bukan?

Solusi dan Masalah Tarik PD Dapodik

Setelah proses tarik PD dan telah singron, kenapa PD tidak masuk semua ? tetapi cuma beberapa yang masuk ?

Solusi 1. Penyimanan harus perhalaman. Kemungkinan besar itu disimpan persekolah sehingga yang tersimpan data pada halaman saat penyimpanan. Jadi halaman yang lain tidak tersimpan.

Solusi 2. Jangan sekaligus melakukan tarik peserta didik, usahakan bertahap tarikanya 10 10 saja atau per tab di web. Memang jika melakukan tarik sekaligus banyak lenyapnya. Dan yang banyak lenyap itu dari sekolah yang paling banyak masuk ke sekolah kita.

Solusi 3. lakukan refres atau kekan tombol f5 kalu masih belum muncul coba Di tarik lagi nanti di liat pada tumbol yang di luar dapodik.


Bagai mana solusi menambah PD (peserta didik) baru dengan menarik PD apakah butuh konfirmasi dari Operator Kabupaten?

  • Tergantung yang ditarik pada baru dari dapodik atau dari luar dapodik, kalau dari luar dapodik pake acc dinas. Dan kalau memang siswanya sudah di keluarkan oleh sekolah yang sebelumnya tidak perlu. Tapi kalo belum, ini di perlukan agar langsung masuk. Untuk siswa yang berasal dari luar dapodik (ra,mis, pesantren/mts) harus approve dinas.

Link Unduhan :

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai solusi dan cara Cara Tarik Pesrta Didik (PD) Online Di Dapodik 2019. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat buat OPS yang bermasalah terkait Tarik PD.