Panduan Cara Instal Aplikasi Geisa Client DHGTK Terkoneksi Ke Dapodik

Aplikasi Geisa merupakan aplikasi terbaru yang manpu mendata absen secara online dengan menggunakan mesin finger. Silakan pelajari Panduan Cara Instal Aplikasi Geisa Client pengembang DHGTK absen online dengan menggunakan sidik jari yang terhubung ke Dapodik.

Panduan Cara Instal Aplikasi Geisa Client DHGTK Terkoneksi Ke Dapodik

Nantinya mesin finger ini akan ada di setiap sekolah yang akan terkait dengan absensi online guru (DHGTK). Jadi aplikasi geisa, mesian print finger, Dapodik dan absen guru DHGTK akan saling terhubung.

Pengertian Aplikasi Absen Geisa DHGTK

Diharapkan dengan adanya aplikasi Geisa online ini mampu menjadi solusi dalam melakukan pendataan absen guru di nusantara.

Mesin finger atau absen online geisa pada sekolah yang terkait dengan DHGTK katanya sebentar lagi akan siap digunakan.

Semoga aplikasi baru absen dengan menggunakan geisa dan mesin finger dapat berjalan dengan lancar dan tidak merepaotkan guru atau operator dalam melakukan pengisian data absen.

Apa Itu Geisa ?

Mungkin itu merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan karena memang aplikasi absen menggunakan gesia adalah aplikasi terbaru, jadi wajar saja.

GEISA yaitu General Equipment and Integrated System of Attendance.

Aplikasi G.E.I.S.A adalah aplikasi untuk melakukan rekap absen kehaditan Guru dan Tenaga

Pendidik yang terkait dengan mesin finger print.

Aplikasi ini dapat digunakan sebagai alat penghubung antara mesin finger dan server geisa.

Walaupun Aplikasi geisa online ini bukan buatan Dapodikdasmen tetapi bisa terhubung dengan aplikasi dapodik, dan rencanaya akan digunakan OPS untuk keperluan absen DHGTK, melalui mesin fingerprint yang pengiriman data-datanya secara online ke server pusatnya.

Tata Cara Instal Aplikasi Geisa Client

Langkah - Langkah Instaler Absen-Geisa

Panduan 1# : Instal Geisa Client, silakan lakukan pengintalan palikasi ke Laptop/PC yang telah Terpasang Aplikasi Dapodik. 

Silakan unduh file installer Aplikasi Geisa Client yang ada dibawah. Sedangkan untuk ukuran file installer Aplikasi Geisa Client kehadiran guru ini sebesar 41,2 MB mesti kita unduh pada waktu pertama kali menginstal.

Silakan download aplikasi G.E.I.S.A Online di http://geisa.online/ atau langsung DISINI

Panduan 2# : Setelah Anda melakukan download file client geisa secara complete, kemudian instal Aplikasi Geisa Client pada komputer/laptop Anda.

Panduan 3# : Setelah Proses Instal selesai, buka browser, lantas ketik http://localhost:9315 guna menjalankan Aplikasi Geisa Client agar berjalan dengan lancar dan cepat, kami merekomendasikan gunakan browser chrome, demi kelancaran operasional.

Panduan 4# : Tahap selanjutnya Login ke Aplikasi Geisa Client, dengan memakai username dan password Aplikasi Dapodik Anda.

Bagai mana mudah bukan cara instal aplikasi fingerprint geisa.

Proses Instal aplikasi ini sama dengan menginstal PMP, tidak menggunakan registrasi seperti dapodik karena secara otomatis terhubung dengan dapodik.

Cara Menggunakan Geisa Finger Print

Aplikasi Geisa Client terdapat tengah-tengah, diantara Mesin Finger Print X100C, Aplikasi Dapodik, dan Server Geisa pusat. Server Geisa memiliki tugas dan fungsi untuk mengoleksi seluruh data-data log absensi guru yang berasal dari AGC (Aplikasi Deisa Cient), lalu data absensi guru yng berhasil terkirim akan diproses dan terintegrasi dengansoftware yang lain.

Cara Cek Koneksi Komputer

Untuk melakukan pemeriksaan Komputer/Laptop anda, telah sukses terkoneksi dengan baik secara jaringan ke Mesin FingerPrint, Aplikasi Dapodik, dan Server Geisa, berikut caranya :


  • Silakan anda bisa cek di geisa pada kolom sebelah kanan bawah, kemudian pilih menu utama Aplikasi Geisa Client.

Apabila stataus diatas, terlihat status koneksi yang berwarna hijau berarti Aplikasi Geisa Client telah terhubung dengan baik dengan Server Geisa, sementara jika status koneksi berwarna merah bertanda Aplikasi Geisa belum terhubung secara jaringan ke Aplikasi Dapodik dan Mesin Finger Print.

Menyalakan Koneksi Figer Print

Dalam melakukan status koneksi ke Mesin (Finger Print) menjadi hijau hal yang harus dilakukan adalah :


  • Memastikan bahwa Mesin Finger Print benar-benar telah terhubung dengan jaringan ip network sekolah melewati Kabel LAN ke jaringan ip-network sekolah (HUB yang sama, Router yang sama, atau WIFI yang sama) sampai-sampai Mesin Finger Print bisa berkomunikasi secara jaringan ke Laptop/PC.

Intinya, untuk melakukan koneksi finger print berwarna hiju ip address harus sama dngan Laptop dan Mesin Finger Print, sehingga dua-duanya dapat saling berkomunikasi dengan baik lewat jaringan ip network sekolah.

Cara seting koneksi geisa

Tips membuat status koneksi ke Server Geisa supaya menjadi hijau, yaitu pastikan laptop Anda telah terhubung Internet dengan baik.

Secara Periodik Operator Aplikasi Geisa Client dapat melakukan pengiriman data log kehadiran ke Server Geisa yang berada terpusat, dengan cara melakukan Pilih pada Menu (kirim ke Server).

Berikut file installer aplikasi geisa client versi terbaru

Alternatif link download Geisa fingerprint online dhgtk 

[Download] Geisa Client Versi 1.5.2 Beta (30 Juli 2018)
[Download] Geisa Client Versi 1.5.1 Beta (25 Juli 2018)
[Download] Geisa Client Versi 1.4.1 Beta (18 Juli 2018)


Link Aternatif panduan instalasi Geisa client



Aplikasi Geisa Dapodik terdapat fitur atau menu yang mampu mengerjakan pengiriman data otomatis, tanpa mesti di klik manual, dan atau yang bisa diseting sesuai keperluan yang bisa menyesuaikan dengan situasi di lapangan.

Demikian informasi mengenai Panduan Cara Instal Aplikasi Geisa Client DHGTK Terhubung Dapodik versi terbaru. semoga dapat bermanfaat.