Juknis PIP Madrasah 2020 MI MTS MA

Juknis PIP Madrasah 2020 - Diterbitkanya Petunjuk Teknis PIP Kemenag Tahun 2020/2021 ini tentunya untuk mengetahui mekanisme penyaluran serta pelaporan Program Indonesia Pintar (PIP) bagi siswa Madrasah dibawah naungan Kementerian Agama (Kemenag).

Juknis PIP Madrasah 2020 MI MTS MA
Juknis PIP Madrasah 2020


Sehubungan dengan adanya pedoman PIP tersebut, dimohon saudara untuk segera mensosialisasikan berdasarkan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bantuan Sosial PIP.

Juknis PIP Kemenag 2020 telah diterbitkan dan telah ditandangani melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 967 Tahun 2020 di Jakarta pada 17 Februari 2020.


Juknis PIP Madrasah MI, MTs, MA 2020 Diterbitkan

Keputusan dan isi dari Juknis PIP Kemenag Madrasah Tahun 2020

Sebagai penanggulangan kemiskinan yang dibilang salah satu program prioritas pemerintah dalam upayah mewujudkan kesejahteraan umum dan keadilan sosial sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan undang undang 1945.

Maka dariitu Kemenag sesuai dengan tugasnya dan kewenanganya salah satunya adalah melaksanakan program Indonesia Pintar (PIP) bertujuan untk meningkatkan angka partisipasi pendidikan dasar dan menengah, meningkatkan angka keberlanjutan pendidikan yang di tandai dengan menurunya angka putus sekolah dan angka melanjutkan, menurunya pendidikan kesenjangan partisipasi pendidikan antar kelompok masyarakat dll.

Jadi siswa Madrasah/ Anak usia sekolah yang terindentifikasi berada didalam data Terpadu Kesejateraan Sosial (DTKS) akan mendapatkan bantuan sosial PIP dalam bentuk tabungan simpanan pelajar (SimPel) serta KIP yang terintegrasi dengan ATM dan dapat diambil dibang yang ditunjuk.



Jumlah Dana Bantuan PIP Madrasah

Adapun Nilai Bantuan PIP bagi siswa Madrasah Tahun angaran 2020 pada jenjang MI, MTs dan MA adalah sebagai berikut :

Untuk dana bantuan bagi sekolah MI sebesar  Rp. 450.000,
Dana PIP siswa MTs sebesar Rp. 750.000, dan
 Dana Bantuan PIP siswa MA adalah Rp. 1.000.000.

Nah, itulah nilai bantuan yang diberikan berdasarkan juknis. Sedangkan alokasi tiap siswa menerima dana PIP sekali dalam satu tahun anggaran.

Proses Pelaksanaan PIP Kemenag Tahun 2020 dalah sebagai berikut : 
  • Pengelola serta pemberi dana Pertolongan Sosial 
  • Alokasi Biaya Pertolongan PIP 
  • Bentuk Bantuan 
  • Kriteria Penerima Bantuan 
  • Penetapan Penerima Bantuan 
  • Mekanisme Penukaran KIP Lama Dengan KIP ATM 
  • Tata Kelola Pencairan Dana Bantuan 
  • Mekanisme Penyaluran Dana Bantuan 
  • Pelaporan, 
  • Pertanggungjawaban
  • Pengaduan
  • Monitoring 


Pertanggung Jawaban Dan Monitoring

A. Pertanggungjawaban Bantuan.
B. Pengaduan.
Pengaduan berkaitan persoalan PIP untuk siswa madrasah bisa di sampaikan lewat cara-cara di bawah ini : 
  1. Situs LAPOR : https :// www. lapor. go. id /. 
  2. Unit Pengaduan lewat KSKK Madrasah dengan terhubung di situs : http :// madrasah. kemenag. go. id/pengaduanpip. 
  3. Untuk lokasi yang ada Sistem Layanan serta Rujukan Terpadu (SLRT), pengaduan bisa di sampaikan lewat Fasilitator di desa/kelurahan, Pusat Kesejahteraan Sosial di desa/kelurahan, serta Sekretariat SLRT diKabupaten/Kota. 

C. Monitoring dan Evaluasi 
  • Monitoring dan evaluasi proses PIP tahun 2020 memiliki tujuan untuk mengetahui sejauhmana output serta outcome program PIP sudah terwujud atau belum. 
  • Adapun sasaran monitoring dan evaluasi pelaksanaan PIP yaitu Madrasah atau sekolah jenang MI, MTs, MA dan Keluarga Penerima Manfaat PIP (Orang tua dan Siswa).

Download Juknis PIP Kemenag 2020

Untuk lebih jelasnya mengenai Juknis PIP Bagi Siswa Madrasah T.A 2020 terbaru secara komplit silakan langsung saja Anda unduh pada tautan dibawah ini:

Download Juknis Pelaksanaan PIP Kemenag/Madrasah 2020 PDF DISINI


Demikian informasi yang dapat Admin bagikan mengenai Juknis PIP Madrasah 2020 MI, MTs, MA. Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel