POS USBN SD, SMP, SMA, SMK 2019 pdf

POS USBN 2019 pdf untuk jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK tahun pelajaran 2018/2019 telah resmi di terbitkan. Di terbitkanya pos usbn oleh BSNP tentunya untuk mengumumkan mekanisme pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) terbaru untuk tahun 2019 bagi jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. 
POS USBN SD, SMP, SMA, SMK  2019 pdf
POS USBN SD, SMP, SMA, SMK  2019 pdf

Dalam rangka akan dilaksanakannya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2018/2019, BSNP menerbitkan POS USBN 2018/2019 pdf SD, SMP, SMA, SMK terbaru. Prosedur Oprasional Sekolah ini sebagai acuan dalam pelaksanaan USBN.

Maka dari itu Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menyusun POS USBN SD, SMP, SMA, SMK  2019 demi terciptanya ujian sekolah Tahun Pelajaran 2018/2019 lebih profesional. Peraturan BSNP Nomor: 0048/P/BSNP/XI/2018 yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk semua jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK, Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), serta Program Paket A/Ulla, Program Paket B/Wustha, dan Program Paket C/Ulya Tahun Pelajaran 2018/2019.


Dalam rangka persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2018/2019 berjalan sesuai yang diinginkan ada baiknya bapak/ibu, untuk mengetahui peraturan – peraturannya sesuai prosedu POS USBN 2017/2018. 

Penetapan Peraturan BSNP Tentang POS USBN 2018 SD, SMP, SMA, SMK 

Kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada proyeksi jumlah peserta dan jadwal ujian”, ucap Bambang Suryadi Ketua BSNP.


Pasal 1

  • Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, yang selanjutnya disebut POS USBN, mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019.
  • POS USBN sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam  Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan ini.


Pasal 2

  1. Hal-hal lain yang belum diatur dan bersifat teknis dalam POS USBN 2019 ini akan ditetapkan oleh BSNP atau Direktorat Jenderal terkait, sesuai dengan kewenangan dan disosialisasikan melalui surat edaran.
  2. Perubahan terhadap POS USBN ini akan ditetapkan oleh BSNP dan disosialisasikan melalui surat edaran.
Baca Kebijakan Perubahan Pelaksanaan US/USBN SD/MI 2019

Pasal 3
Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Persyaratan Peserta USBN Sesuai Prosedur POS USBN 2018/2019

Adapun persyaratan bagi peserta USBN  SD/MI/SDTK/SPK, SDLB/MILB, SMP/MTs, SMPLB/MTsLB, SMA/MA, SMK/MAK, SMALB/MALB berdasarkan POS USBN tahun 2019 adalah:

Persyaratan Peserta USBN SD/MI dan yang sederajat

  • Telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada SD/MI/SDTK/SPK, SDLB/MILB, atau Program Paket A/Ula.
  • Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai kelas IV semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI semester 1 (satu) untuk peserta didik pada SD/MI/SDTK/SPK dan SDLB/MILB; dan

  • Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar setingkat Persyaratan Peserta SD/MI/SDTK/SPK dan SDLB/MILB, mulai kelas IV semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI semester 1 (satu) untuk peserta didik pada Program Paket A/Ula.

Persyaratan Peserta SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan yang sederajat

a. Terdaftar pada tahun terakhir jenjang pendidikan di satuan pendidikan SMP/MTs, SMPLB/MTsLB, SMA/MA, SMK/MAK, SMALB/MALB dan yang sederajat.

b. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada satuan pendidikan tertentu mulai semester 1 (satu) tahun pertama sampai dengan semester 1 (satu) tahun terakhir.

c. Bagi siswa SMK Program 4 (empat) tahun yang telah menyelesaikan proses pembelajaran selama 3 (tiga) tahun dapat mengikuti USBN.

d. Siswa yang memiliki ijazah atau surat keterangan lain yang setara, atau berpenghargaan sama dengan ijazah dari sekolah yang setingkat lebih rendah. Penerbitan ijazah yang dimaksud sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun sebelum mengikuti ujian sekolah, atau sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun untuk peserta program SKS.

Pada POS USBN 2019 Lengkap SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK ini juga memberikan informasi terkait  pelaksanaan atau jadwal USBN tahun pelajaran 2018/2019. Berikut kami bagikan jadwal USBN tahun 2019 yang ada dibawah ini.


Jadwal USBN SD, SMP, SMA/SMK Sesuai Prosedur POS USBN 2019

Berikut jadwal pelaksanaan USBN untuk semua jenjang tahun pelajaran 2018/2019.

Jadwal USBN SD/MI/SDTK/SPK
  • Jadwal USBN SD/MI/SDTK/SPK dilaksanakan taggal 22 April - 24 April 2019
  • Jadwal USBN Susulan SD/MI/SDTK/SPK dilaksanakan taggal 26 April - 30 April 2019


Jadwal USBN SMP/MTs
Jadwal pelaksanaan USBN dan USBN Susulan ditetapkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota/Kantor Kementerian Agama sesuai kewenangannya berdasarkan zona/kluster MGMP. Penetapan jadwal USBN di masing-masing zona/kluster mempertimbangkan beberapa hal berikut.

1. Ketuntasan kurikulum;
2. Kalender akademik di masing-masing satuan pendidikan;
3. Hari libur nasional/keagamaan;
4. Jadwal ujian nasional;
5. Jadwal pengumuman kelulusan; dan
6. Moda pelaksanaan ujian (berbasis kertas/komputer).


Jadwal USBN USBN SMA/MA Dan SMK/MAK
Jadwal pelaksanaan USBN dan USBN Susulan ditetapkan oleh dinas pendidikan provinsi/Kantor Wilayah Kementerian Agama sesuai kewenangannya berdasarkan zona/kluster MGMP. 

Penetapan jadwal USBN di masing-masing zona/kluster mempertimbangkan beberapa hal berikut.

1. Ketuntasan kurikulum;
2. Kalender akademik di masing-masing satuan pendidikan;
3. Hari libur nasional/keagamaan;
4. Jadwal ujian nasional;
5. Jadwal pengumuman kelulusan; dan
6. Moda pelaksanaan ujian (berbasis kertas/komputer).


Nah itulah sedikit cuplikan pembahasan yang terdapat pada POS USBN SD, SMP, SMA, SMK tahun 2019 pdf terbaru. Nah, jika anda ingin mengentahui lebih jelas mengenai  POS USBN 2019 terbaru untuk semua jenjang pendidikan, silakan unduh pada tautan dibawah ini :

Download


Baca Artikel Terkait Lainya :



Demikian postingan kali ini tentang POS USBN SD SMP SMA SMK TAHUN 2019 sebagi teknis yang mengatur penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Semoga bermanfaat.