POS Akreditasi S/M Sekolah Dasar dan Menengah Tahun 2020/2021 PDF

POS Akreditasi Sekolah/Madrasah - Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah tahun 2020/2021 saat ini mengalami perubahan mekanisme. Perubahan - perubahan ini ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) agar tagline: Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu. Tagline tersebut dimaksudkan untuk memperkuat dan mengaktualisasikan moto BAN-S/M: profesional, tepercaya, dan terbuka.

POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2020
POS Akreditasi S/M 2020 

Dalam penetapan sasaran akreditasi sekolah/madrasah tahun 2020, BAN-S/M menetapkan jumlah dan daftar sekolah/madrasah sasaran yang akan diakreditasi di setiap provinsi berdasarkan basis data BAN-S/M tentang sekolah/madrasah yang belum diakreditasi dan sekolah/madrasah yang harus diakreditasi ulang. Untuk penetapan peraturan akreditasi pada tahun 2020 telah tercantum pada mekanisme pos akreditasi S/M 2020 terbaru.

Jadi Prosedur Oprasional Standar Akreditasi Sekolah/Madrasah terbaru tahun 2020 ini dipergunakan  sebagai  pedoman  dan  panduan resmi bagi pihak-pihak yang terkait dengan pelaksanaan akreditasi untuk menjamin proses dan hasil-hasil akreditasi yang bermutu dan bermanfaat dalam peningkatan kualitas pendidikan.

Penetapan Akreditasi Sekolah Terbaru


BAN-S/M menetapkan slogan: Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu. Slogan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat dan mengaktualisasikan moto BAN-S/M: profesional, terpercaya, dan terbuka. 

Akreditasi bermutu untuk pendidikan bermutu memiliki empat pilar. Pertama, perangkat yang bermutu. BAN-S/M berusaha menyempurnakan Perangkat Akreditasi sebagai alat penilaian mutu pendidikan yang valid dan reliabel dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan-peraturan yang terkait. Perangkat yang bermutu terdiri atas Instrumen, Petunjuk Teknis, Data dan Informasi Pendukung serta Teknik Penskoran. 

Perangkat Akreditasi disusun dengan bahasa yang mudah dan sederhana sehingga tidak menimbulkan salah pengertian dan perbedaan pendapat antara sekolah/madrasah dengan asesor. Perangkat disusun dengan lebih sederhana sehingga memudahkan sekolah/madrasah dalam mempersiapkan akreditasi dan pada saat visitasi.

Jadi POS Akreditasi S/M Tahun 2020 diperlukan untuk dapat memastikan proses dan hasil-hasil akreditasi yang bermutu. Hal ini sangat bermanfaat sebagai panduan bagi pihak-pihak terkait dengan pelaksanaan akreditasi.

POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2020

Perubahan mekanisme akraditasi:

Bahwa dalam pelaksanaan akreditasi diperlukan panduan dan prosedur yang menjamin pelaksanaan akreditasi yang terarah, terbuka, dan terukur untuk menjamin kualitas proses dan hasil-hasil akreditasi.

Bahwa dalam rangka memastikan proses dan hasil-hasil akreditasi yang bermutu diperlukan adanya Prosedur Operasional Standar (POS) sebagai panduan bagi pihak-pihak yang terkait dengan pelaksanaan akreditasi.


Pada mekanisme pelaksanaan akreditasi sekolah pada tahun 2020, harus menggunakan Prosedur Operasional Standar (POS) Akreditasi yang menggunakan 8 prosedur. Adapun langkah -langkah Mekanismenya adalah sebagai berikut::

Alur Proses:

  • Langkah ke-1 : Sosialisasi Dan Pengisian Data Isian Akreditasi (DIA) Dalam Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M)
  • Langkah ke-2 : Penetapan Sekolah/Madrasah Sasaran Visitasi dan Penugasan Asesor     
  • Langkah ke-3 : Visitasi ke Sekolah/Madrasah
  • Langkah ke-4 : Validasi Proses dan Hasil Visitasi
  • Langkah ke-5 : Verifikasi Hasil Validasi dan Penyusunan Rekomendasi
  • Langkah ke-6 : Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi
  • Langkah ke-7 : Penerbitan Sertifikat Akreditasi dan Rekomendasi
  • Langkah ke-8 : Sosialisasi Hasil Akreditasi
Nah perikut tahapanya :

Langkah Kegiatan Sosialisai Pengisian Data

1. Ketua BAN-S/M Provinsi mengundang anggota BAN-S/M  Provinsi, Disdik Provinsi, Kanwil Kemenag, Disdik Kabupaten/Kota, Kankemenag dan KPA-S/M untuk mengikuti sosialisasi akreditasi sekolah/madrasah.

2. BAN-S/M Provinsi menginformasikan kuota sekolah/madrasah yang akan dibiayai dari APBN dan daftar sekolah/madrasah yang memenuhi syarat untuk diakreditasi.

3. BAN-S/M Provinsi menetapkan jadwal tahapan proses akreditasi dan batas akhir waktu setiap periode penetapan hasil akreditasi selama tahun berjalan dengan memperhatikan kuota sasaran.

4. Setelah mengikuti sosialisasi, Disdik Provinsi, Kanwil Kemenag, Disdik Kabupaten/Kota, dan KanKemenag berkoordinasi dengan KPA-S/M menyampaikan informasi hasilsosialisasi kepada sekolah/madrasah sasaran akreditasi. Kegiatan ini dilakukan di masing-masing daerah.

5. Apabila masih ada sasaran yang belum pernah diakreditasi, maka BAN-S/M Provinsi dapat menyosialisasikan dan mempraktikkan penggunaan Sispena-S/M secara langsung kepada sekolah/madrasah.

6. Sekolah/madrasah mengunduh perangkat akreditasi dari situs web BAN-S/M, mempelajarinya kemudian menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk akreditasi.

7. Sekolah/madrasah melakukan pengisian DIA melalui SispenaS/M termasuk mengunggah dokumen yang diperlukan.

Nah itulah perubahan POS Akreditasi sekolah/madrasah 2020 disusun dan ditetapkan serta disosialisasikan oleh BAN-S/M sebagai lembaga yang bertugas untuk melakukan penjaminan mutu pendidikan.


Download POS Akreditasi BAN SM Terbaru

Bila anda ingin mengetaghui lebih jelas terkait langkah-langkah dan mekanisme Akreditasi sebagai bentuk keterbukaan dan akuntabilitas baik proses maupun hasil. Silakan pelajari apa yang terdapat dalam POS Pelaksanaan Akreditasi terbaru yang ada pada link dibawah ini.

Download POS Akreditasi 2020/2021 S/M PDF DISINI


Demikian informasi mengenai POS Akreditasi S/M tahun 2020/2021 sesuai kebijakan dan prosedur yang diterbitkan oleh BAN-S/M. Semoga info kali ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel