Juknis BOP PAUD 2020 Terbaru Format PDF

Juknis BOP PAUD 2020 Terbaru Format PDF - Sesuai dengan adanya Peraturan pemerintah Permendikbud Nomor 20 Tahun 2020 tentunya untuk mendukukung proses pembelajaran dirumah karena ada dampak penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Adapun ketentuan perubahan peraturan ini adalah untuk memberikan acuan/pedoman bagi Pemerintah Daerah, Satuan PAUD dan Satuan Pendidikan Non Formal dalam penggunaan dan pertanggungjawaban keuangan DAK Non Fisik BOP PAUD. Nah pada kesempatan kali ini Admin akan mencoba memberikan informasi tentang Juknis BOP PAUD/TK terbaru tahun pelajaran 2020.

Juknis BOP PAUD 2020 Terbaru Format PDF

Permendikbud Nomer 20 Tahun 2020 Tentang Perubahan Permendikbud Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Nonfisik BOP PAUD Dan Pendidikan Kestaraan Tahun Anggaran 2020


Pasal I

Ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Kesetaraan Tahun Anggaran 2020 (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 190) diubah sebagai berikut:

Di antara ketentuan Pasal 9 dan Pasal 10 disisipkan 1 (satu) pasal yakni Pasal 9A sehingga berbunyi sebagai berikut:

Pasal 9A

(1) Selama masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 yang ditetapkan Pemerintah Pusat, DAK Nonfisik BOP PAUD dapat digunakan oleh Satuan Pendidikan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. komponen kegiatan pembelajaran dan bermain dapat digunakan untuk:
1. pembelian pulsa atau paket data bagi pendidik dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran dari rumah. dan/atau

2. layanan pendidikan daring berbayar.

b. komponen kegiatan pendukung dapat digunakan untuk:

1. pembiayaan honor pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran dari rumah; dan/atau

2. pembelian cairan atau sabun pembersih tangan, pembasmi kuman (disinfectant), masker, atau penunjang kebersihan lainnya.

(2) Selama masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 yang ditetapkan Pemerintah Pusat, DAK Nonfisik BOP Kesetaraan dapat digunakan oleh Satuan Pendidikan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. komponen kegiatan pendukung dapat digunakan untuk pembiayaan honor pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran dari rumah;
b. komponen kegiatan administrasi dan lainnya dapat digunakan untuk:
1. pembelian pulsa atau paket data bagi pendidik dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran dari rumah;
2. layanan pendidikan daring berbayar; dan/atau
3. pembeliaan cairan atau sabun pembersih tangan, pembasmi kuman (disinfectant), masker, atau penunjang kebersihan lainnya.

Petunjuk teknis penggunaan DAK non Fisik BOP PAUD atau yang sering kita sebut sebagai juknis penggunaan dana bop paud ini, diterbitkan untuk memberikan acuan/pedoman bagi pemerintah daerah, satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/TK) dan satuan pendidikan non Formal dalam penggunaan dan pertanggungjawaban keuangan DAK non Fisik BOP PAUD/TK.

Tujuan juknis DAK Nonfisik BOP PAUD adalah pemanfaatan tepat sasaran dan pertanggungjawaban keuangan dengan tertib administrasi, transparan, akuntabel, tepat waktu, serta terhindar dari penyimpangan.

Juknis BOP PAUD 2020 Terbaru Permendikbud Nomor 13 Format PDF Tahun 2020


Prinsip dalam pelaksanaan penggunaan DAK Non Fisik BOP PAUD sesuai juknis meliputi :

Efesien, adalah wajib diusahakan dengan menggunakan dana-dana dan daya yang ada untuk menghasilkan sasaran yang ditetapkan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya dan bisa dipertanggung jawabkan.

Efektif yaitu diharuskan sesuai dengn kebutuhan yang telah ditetapkan dan bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

Harus Transparan adalah menjamin adanya keterbukaan yang memungkinkan masyarakat bisa mengetahui informasi mengenai pengelolaan DAK Non Fisik BOP PAUD.

Adil, yaitu semua anak baik laki-laki maupun perempuan memperoleh hak yang sama dalam memperoleh layanan pendidikan anak usia dini.

Akuntabel, yaitu pelaksanaan kegiatan dapat dipertanggung jawabkan. Kepatutan, yaitu penjabaran program/kegiatan harus dilaksanakan secara realitistis dan proporsional, dan. Manfaat, yaitu pelaksanaan program/kegiatan yang sejalan dengan proritas nasional yang menjadi urusan daerah dalam kerangka pelaksanaan desentralisasi dan secara riil dirasakan manfaatnya dan berdaya guna bagi Satuan PAUD dan Satuan Pendidikan Non Formal.

Tujuan Pemberian Dana BOP


Untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang bermutu, Pemerintah mengalokasikan dana alokasi khusus nonfisik bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

Untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan anak usia dini yang adil dan lebih bermutu, Pemerintah mengalokasikan dana bantuan biaya operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

Penggunaan DAK Non Fisik BOP PAUD Tahun 2020


Untuk pengalokasian besaran penggunaan DAK Non Fisik PAUD dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah harus menggunakan perhitungan yang sesuai juknis, berikut perhitunagnya:
  • Besaran Biaya BOP PAUD sebesar Rp. 600.000, (Enam Ratus Ribu Rupiah) per peserta didik per tahun.
DAK Nonfisik BOP Pendidikan Kesetaraan program:
    1) paket A sebesar Rp1.300.000,00 (satu juta tiga ratus ribu rupiah) per peserta didik per tahun;
      2) paket B sebesar Rp1.500.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah) per peserta didik per tahun; dan
        3) paket C sebesar Rp1.800.000,00 (satu juta delapan ratus ribu rupiah) per peserta didik per tahun.

        Sesuai dengan diterapkanya peraturan Permendikbud RI Nomor 13 Tahun 2020 pada juknis bop 2020 terbaru ini, sebagai  komponen Penggunaan DAK NonFisik BOP PAUD di Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Non Formal harus didasarkan pada RKAS yang telah disusun dengan memperhatikan kegiatan-kegiatan persentase sebagai berikut :
        • Kegiatan Pembelajaran dan Bermain (Minimal 50%)
        • Kegiatan Pendukung (Minimal 35%)
        • Kegiatan Lainnya (Minimal 15%)
        Larangan Dana DAK Nonfisik BOP PAUD dan BOP Kesetaraan yang tidak boleh digunakan untuk:

        Tidak boleh disimpan dengan maksud dibungakan.

        Tentunya dipinjamkan kepada pihak lain

        Untuk membiayai kegiatan yang tidak menjadi prioritas Satuan Pendidikan penyelenggara PAUD atau Pendidikan Kesetaraan.

        Pembelian barang fisik/elektronik berupa laptop, komputer, printer, tape recorder, LCD proyektor, dan masih banyak lagi.

        Untuk lebih jelasnya mengenai juknis penggunaan dana BOP PAUD 2020 Kemendikbud, silakan dapat anda unduh dibawa ini:

        Download Juknis BOP Paud 2020 PDF Permendikbud No.13 Tahun 2020

        Berikut salinan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2020 Terkait Perubahan Permendikbud Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis DAK Nonfisik Bantuan Operasional Penyelanggaran Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Kesetaraan Tahun Anggaran 2020 Unduh-Disisni

        Baca  Artikel Terkait lainya :
        Demikian informasi mengenai Juknis BOP PAUD 2020 Terbaru Format PDF ini, dapat bermanfaat. 

        Belum ada Komentar untuk "Juknis BOP PAUD 2020 Terbaru Format PDF"

        Posting Komentar

        Iklan Atas Artikel

        Iklan Tengah Artikel 1

        Iklan Tengah Artikel 2

        Iklan Bawah Artikel