Panduan Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional SD/MI 2018/2019

Panduan Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional  SD/MI Tahun 2018/2019 – Saat ini Pendataan Peserta Ujian Nasional Online 2018 SD/MI telah dikembangkan kedalam system yang lebih baru. Perbaikan system pendataan peserta UN SD/MI ini  berawal pada pelaksanaan UN tahun ajaran 2016/2017 yang mana saat itu hanya berfungsi untuk pemeliharaan data siswa saja. Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional pada tahun 2016 dan sebelumnya hanya dijaring oleh panitia tingkat Provinsi dengan menggunakan program secara offline dan waktu deadline yang digunakan terlalu dekat dengan pelaksanaan UN.

Panduan Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional  SD/MI 2018/2019
Panduan Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional  SD/MI 2018/2019

Sejalan perkemanagan waktu, dan kebutuhan rekap data calon peserta UN yang lebih awal, serta berkembangnya teknologi yang mudah didapat dan digunakan, maka Pusat Penilaian Pendidikan telah merubah metode pendataan yang biasa di gunakan pada waktu lampau dengan metode online. Karena hal tersebut Pemerintah membuat “Panduan Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2018” untuk mempermudah penggunaannya. Panduan ini merupakan gabungan dari beberapa modul Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019, yang khusus membahas pendataan calon peserta UN secara online.


Pusat Penilaian Pendidikan mengembangkan sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah/Madrasah daring 2019 SD/MI berawal pada pelaksanaan US/M tahun ajaran 2018/2019 yang mana saat itu hanya berfungsi untuk pemeliharaan data siswa saja. Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah pada tahun 2018 dan sebelumnya hanya dijaring oleh panitia tingkat Provinsi dengan menggunakan program secara offline dan waktu deadline yang digunakan terlalu dekat dengan pelaksanaan UN. Sejalan dengan bergeraknya waktu, dan kebutuhan rekap data calon

Spesifikasi Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional  SD/MI 2018/2019


Pada tahapan modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi komputer yang akan digunakan untuk melakukan proses pengentrian ke dalam sistem Pendataan peserta UN online. Dimana spesifikasi tersebut akan dibagi menjadi 2 yaitu sepesifikasi perangkat keras (Hardware) dan spesifikasi perangkat lunak (Software).

Untuk perangkat keras sebaiknya komputer yang digunakan tidak akan terasa lambat dalam menjalankan aplikasi atau pun menampilkan informasi dari internet, bebas virus atau pun gangguan lainnya yang disebabkan oleh perangkat keras ataupun sistem operasinya. Berikut Rekomendasi untuk Perangkat Keras dan Perangkat Lunak.

1. Persiapan Perangkat Keras Pendataan Peserta UN SD/MI 2019

Sebaiknya menggunakan komputer dengan spesifikasi minimum :

  • Prosesor : Pentium III dan diatasnya (atau AMD Athlon XP)
  • Memori : 128 MB
  • Adapter : VGA 16 Bit (32 Mb) dengan resolusi 1024 x 800
  • Printer : Laser jet / Deskjet (printer tinta atau laser)


2. Perangkat Lunak Yang di gunakan Untuk Pendataan Calon Peserta UN SD/MI 2019
Dalam hal ini lebih menunjuk ke dalam sistem operasi (OS) yang digunakan minimum Windows XP Home / Profesional Edition.

Spesifikasi Software
Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi aplikasi Pendataan Peserta US/M yang harus tersedia atau terinstall di dalam komputer user yang berhubungan dengan proses pengentryan data.

1. Microsoft Excel
Merupakan suatu aplikasi keluaran Microsoft Corporation yang digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk spreadsheet. Aplikasi ini dibutuhkan untuk mendukung sistem Pendataan Calon Peserta US/M daring karena Laporan yang dihasilkan ada dalam bentuk xls (entension dari microsoft excel). Sehingga dengan bantuan atau fitur-fitur yang tersedia di microsoft excel memungkinkan Anda untuk mempercantik bentuk tampilan laporan sebelum Anda mencetaknya. Detail spesifikasi minimum yang diminta adalah:
Nama : Microsoft Excel versi 2000 atau diatasnya Produksi : Microsoft


2. Browser Internet
Aplikasi yang akan digunakan untuk menampilkan halaman-halaman web yang berhubungan dengan proses pengentrian data peserta UN/US, pengolahan atau pengeditan data. Jagi browser sangat diperlukan karena modul-modul dalam sistem Pendataan Calon Peserta US/M daring adalah berupa halaman web yang diletakkan pada situs World Wide Web (www). Sehingga memungkinkan user melakukan proses entry pendaftaran siswa melalui jaringan internet tanpa harus menggunakan aplikasi khusus. Detail spesifikasi browser yang disarankan adalah :
Nama Browser : Mozilla Firefox Versi Terbaru
Produksi : Mozilla


Memulai Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional (UN) SD/MI Tahun 2018

Berikut merupakan tahapan- tahapam atau proses pendataan bagi calon peserta UN jenjang SD/MI tahun 2018 :

A. Cara Proses Login Aplikasi Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional (UN) SD/MI Tahun 2018


Pertama-tama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan proses pengentrian data siswa adalah melakukan login ke dalam system. Untuk login ini Anda harus mengetahui username dan password yang telah diberikan.

Adapuan Prosedur Cara Login BIO UN SD/MI sebagai langkah pendataan calon peserta UN SD/MI adalah sebagi berikut:

  1. Silakan anda masuk pada alamat https://biounsdmi.kemdikbud.go.id/  atau DISINI.
  2. Masukkan Username pada kolom User Name dan password pada kolom Password
  3. Masukkan kode Captcha sesuai dengan yang muncul di layar pada kolom Security Code
  4. Klik tombol Login. Bila muncul pesan kesalahan berarti Anda salah memasukkan User Name atau Password, Anda harus mengulangi pengisiannya
  5. Selanjutnya bila telah berhasil login Anda akan di bawa ke modul Utama Sistem yang berisi Informasi pengguna yang sesuai dengan profil Anda.

B. Halaman Utama Aplikasi BIO UN


Setelah proses login berhasil, Halaman Utama merupakan halaman pertama kali muncul.

Halaman Utama menyajikan informasi yang dikirimkan oleh Admin Pusat dan Admin Provinsi.
Beberapa tampilan yang perlu diperhatikan pada tampilan ini :
1. Kolom Berita
2. Bagian Menu

Menu aplikasi pendataan calan peserta UN SD ini merupakan navigasi untuk menuju ke fasilitas yang ingin di aktifkan.

C. Actions (Menu Utama)
Modul Actions berisi beberapa menu diantaranya Home, Upload dan Download.

  • Menu Home digunakan untuk kembali ke Halaman Utama dari aplikasi Pendataan.
  • Menu Upload merupakan fasilitas yang digunakan untuk mengupload data, baik Data Sekolah maupun Data Siswa. Upload data tersebut berupa file dengan ekstensi DBF. 

Adapaun Langkah-langkah mengupload data :

  • Klik Tombol Tambah
  • Pilih Berkas yang akan di Upload
  • Klik tombol Upload jika berkas sudah ditambahkan.
  • Untuk menghapus gunakan tombol Hapus


3) Upload dari Dapodik/Emis
Menu Upload merupakan fasilitas yang digunakan untuk mengupload Data Siswa. Upload data tersebut menggunakan file data hasil dari pendataan Dapodik (untuk jenjang SD, dengan ekstensi dz) atau dari pendataan Emis (untuk jenjang Madrasah, dengan ekstensi ez). Adapun tampilan dari Menu Upload sebagai berikut :

Langkah-langkah mengupload data :

  1. Pilih Provinsi
  2. Pilih Kabupaten/Kota
  3. Klik Tombol Tambah
  4. Pilih Berkas yang akan di Upload
  5. Pilih Sekolah
  6. Klik tombol Upload jika berkas sudah ditambahkan.
  7. Untuk menghapus gunakan tombol Hapus

Download CALON PESERTA UJIAN NASIONAL


Menu Download merupakan fasilitas yang digunakan sebagai sarana untuk men-Download data. Dalam Menu Download terdapat dua pilihan yaitu Sekolah dan Siswa.

Langkah-langkah mendownload data:

a) Download Sekolah
Pilih Provinsi
Pilih Kabupaten/Kota
Klik Tombol Download

b) Download Siswa
Pilih Provinsi
Pilih Kabupaten/Kota
Pilih Mulai untuk mengatur data sekolah awal yang akan didownload
Pilih Sampai untuk mengatur data sekolah terakhir yang akan didownload
Klik Tombol Download


Untuk lebih jelasnya berikut kami cantumkan Pedoman tentang pendataan calon peserta UN SD/MI secara lengkap sesuai petunjuk Pusat Penilaian Pendidikan, yang ada dibawah ini:

DOWNLOAD PEDOMAN PENDATAAN CALON PESERTA UJIAN NASIONAL TAHUN 2019 DISINI

Demikian informasi mengenai Panduan Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional  SD/MI Tahun 2018/2019, semoga dapat bermanfaat.