Updater Aplikasi Dapodik 2022 Lengkap Dengan Panduan Penggunaanya

Update Aplikasi Dapodik Versi Terbaru 2022 - rilisnya Dapodik 2022 ini sebagai peyemputna dan pembaharuan aplikasi sebelumnya. Dalam Updater Aplikasi dapodik versi 2022 ini memuat berbagai  pembaharuan dan perubahaan menu yang cukup penting.


Updater Aplikasi Dapodik 2022 Lengkap Dengan Panduan Penggunaanya
Panduan Update Dapodik 2022

Sistem pendataan Dapodik pada tahun pelajaran 2021/2022 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2022. Secara sistem, Update versi terbaru pada Dapodik 2022 ini disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di tahun pelajaran baru ini. Aplikasi Dapodikdasmen versi 2022 dikemas dalam bentuk installer, sehingga perlu proses uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya.

Daftar Deskripsi Perubahan Update Aplikasi Dapodik Versi 2022

Berikut update perubahan - perubahan pada menu aplikasi dapodik terbaru diantaranya meliputi :
  • Pembaruan Penambahan atribut jumlah laik pada data alat periodik.
  • Pembaruan Penambahan atribut alamat_jalan, rt, rw, nama_dusun, desa_kelurahan, kode_wilayah, kode_pos, lintang, bujur dan wilayah pada formulir tanah.
  • Pembaruan Penambahan atribut sub-ruang pada formulir ruang khusus jenjang SMK.
  • Pembaruan Penambahan panjang karakter pada atribut No SKHUN dan No Peserta Ujian pada formulir registrasi peserta didik.
  • Pembaruan Penambahan beberapa atribut guna keperluan pemangku kepentingan pada riwayat sertifikasi GTK.
  • Pembaruan Penambahan atribut jenis bidang usaha pada formulir bidang usaha khusus jenjang SMK.
  • Pembaruan Penambahan atribut pekerjaan pada formulir peserta didik khusus jenjang PKBM dan SKB (guna mengakomodir warga belajar).
  • Pembaruan Penambahan tabel dinamis guna kepentingan yang bersifat sementara.
  • Pembaruan Penambahan validasi terkait syarat menjadi Kepala Sekolah atau PLT Kepala Sekolah.
  • Pembaruan Penambahan validasi terkait sanitasi.
  • Pembaruan Penambahan validasi terkait pengisian KIP/PIP.
  • Pembaruan Penambahan validasi terkait batas minimal masuk peserta didik untuk jenjang TK adalah 4 tahun.
  • Pembaruan Penambahan validasi terkait batas maksimal peserta didik untuk jenjang PAUD (TK, KB, TPA dan SPS) adalah 7 tahun.
  • Pembaruan Penambahan validasi terkait batas maksimal peserta didik adalah 72 tahun (Sesuai usia harapan hidup pendudukan Indonesia).
  • Pembaruan Penambahan info terkait pengisian Survey PTM.
  • Pembaruan Proses kelulusan bersama tingkat akhir.
  • Perbaikan Perubahan bisnis proses pada penginputan ruang dan sub-ruang khusus jenjang SMK.
  • Perbaikan Perubahan paksa untuk merubah password pada pertama kali login (Pergantian password secara rutin).
Pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2022.c adalah sebagai berikut:

  • Pembaruan Terakomodirnya kurikulum Sekolah Penggerak utk jenjang SLB dan TK.
  • Pembaruan Penambahan fitur baru cetak rapor bagi satuan pendidikan penyelenggara kurikulum sekolah penggerak
  •  Perbaikan Bugs fixing pada saat menyimpan isian pada formulir sekolah.

Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi 2022

Generate prefill dapodik merupakan proses atau langkah awal untuk mengambil data sekolah dari server agar bisa diregistrasi di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline (dalam bentuk fail .prf).

Generate prefill merupakan data sekolah dari hasil sinkronisasi terakhir. Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, untuk sekarang ini proses generate aplikasi prefill dapodik dapat dilakukan setelah petugas pendataan memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Dapodikdasmen sekolah yang aktif.

Persiapan Generate Prefill
Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate prefill, sebaiknya petugas pendataan mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum, antara lain:

• Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline.

• Data sekolah yang diambil adalah hasil sinkronisasi terakhir.
• Masukkan username, password dan kode registrasi sesuai di aplikasi Dapodik.

• Jika ada penggantian petugas pendataan di sekolah kode registrasi, username dan password dapat diganti oleh admin Dapodikdasmen di Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang SD/SMP dan Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SMA/SMK/SLB.

• Registrasi awal di aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill. Dengan syarat harus terhubung internet (online).

• Jangan lakukan registrasi dengan menggunakan prefill yang lama (kadaluarsa). Jika ingin pindah ke komputer lain lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang" untuk mencegah duplikasi data.

Langkah - Langkah Generate Aplikasi Prefill
Selengkapnya, untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkahlangkah
di bawah berikut:

1) Buka laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
2) Pilih menu “DATA PREFILL”
3) Pilih salah satu tautan unduh prefill dapodik yang tersedia.
4) Masukkan username, password, dan kode registrasi.

Link aplikasi prefill dapodik yang tersedia antara lain:

Setelah Anda masuk Formulir prefill isi Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill merupakan data pengguna yang terdaftar di server pusat. 

Jika terdapat ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, segera lakukan konfirmasi dengan admin Dapodikdasmen Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang SD/SMP dan Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SMA/SMK/SLB.

Setelah berhasil memasukkan username, password, dan kode registrasi, klik “Generate” dan tunggu proses selesai.

Klik “download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder
“prefill_dapodik”.

Itulah unduh prefill dan cara penempatan di folder prefill dapodik.

PROSES INSTALLASI APLIKASI DAPODIK VERSI 2022

Berikut cara instal dapodik versi terbaru :

Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2022 saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pembaruan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik Versi 2022, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Pastikan jika akan menggunakan Installer (Install ulang), sekolah sudah pernah berhasil melakukan sinkronisasi.
  2. Updater dapat digunakan tanpa melakukan install ulang Aplikasi Dapodik.
  3. Refresh browser menggunakan Ctrl+F5 apabila tampilan dashboard masih menunnjukkan versi yang lama. Untuk lebih jelannya berikut langkah langkah instal Dapodik disini.

Panduan Cara Mengisi Jadwal di Aplikasi dapodik

Pengisian jadwal memiliki keterkaitan dengan isian pada menu prasarana, rombongan belajar dan pembelajaran. Sehingga pengisian menu jadwal sangat bergantung dari isian yang sudah diinputkan dari ketiga menu tersebut.

Pengisian prasarana digunakan untuk memetakan bangunan yang dijadikan ruang kelas, pada pengisian rombongan belajar digunakan untuk memetakan rombongan belajar dengan memilih jenis prasarananya, pada pengisian pembelajaran digunakan untuk memetakan mata pelajaran dan guru mata pelajaran yang diinputkan di masing-masing rombongan belajar.

Aplikasi Dapodik versi 2022 memiliki hubungan erat bagi setiap entitas data di sekolah. Sehingga diharapkan petugas pendataan sekolah dapat memetakan semua kondisi di sekolah dengan baik dan benar. 

Cara Pengisian Jadwal

Untuk mengisi jadwal, pertama klik menu Jadwal yang terdapat pada sidebar di sebelah kiri aplikasi.

Selanjutnya, pilih prasarana yang akan diinput detail jadwalnya. Prasarana yang ditampilkan hanya yang sudah diinputkan pada menu Sarpras. Setiap prasarana yang terpilih nantinya akan memunculkan data rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.

Untuk pengisian jadwal terdapat tujuh hari (Senin s.d. Minggu) yang nantinya pilihan hari tersebut dipilih dan akan muncul beberapa data mata pelajaran disertai data guru dan alokasi jumlah jam perminggunya. Sehingga, sebelum pengisian pada menu jadwal, pastikan pembelajaran pada tabel rombongan belajar telah terisi dengan benar berikut data prasarananya.

Pada tampilan menu jadwal di bagian atas terdapat menu untuk memilih prasarana yang akan diisi jadwalnya. Pilih prasarana ruang kelas yang akan diisi datanya kemudian pilih jadwal hari lalu klik tambah.

Akan muncul beberapa kolom dengan beberapa keterangan isian jadwal berdasarkan prasarana yang dipilih.

Pembelajaran
Menampilkan mata pelajaran yang akan diinput kedalam jadwal. Mata pelajaran yang ditampilkan diambil dari isian pembelajaran pada tabulasi rombongan belajar.

Alokasi Jam
Penempatan urutan waktu sesuai dengan alokasi jumlah jam mengajar pada pembelajaran.

Pembelajaran ke -
Penempatan urutan waktu mata pelajaran sesuai dengan alokasi jadwal di sekolah setiap harinya.
Pilih pembelajaran yang akan dimasukkan, data mata pelajaran yang tampil diambil dari isian pembelajaran pada pada salah satu rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.

Nah bagi anda yang kurang jelas mengenai panduan Updater terbaru Aplikasi Dapodik 2022 lengkap dengan panduan penggunaannya, silakan dapat anda unduh panduanya dibawah ini yang dilengkapi dengan gambar.

DOWNLOAD PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI DAPODIK

Download Link Alternatif Installer Dapodik 2022c


Demikian informasi yang dapata admin bagikan mengenai Updater Aplikasi Dapodik 2022 Lengkap Dengan Panduan Penggunaanya. Semoga dapat bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Updater Aplikasi Dapodik 2022 Lengkap Dengan Panduan Penggunaanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel