Aturan Baru Perubahan Aplikasi Dapodik (Dapodikdasmen) 2018/2019 Semester 1

Pra-rilis Aplikasi Dapodik (Dapodikdasmen) 2018/2019 Semester 1 merupakan Informasi resmi yang ditunjukan kepada kepala dinas pendidikan provinsi, Kabbupaten/kota serta kepala Sekolah SD, SMP, SLB, SMA, SMK dan juga untuk operator dapodik di seluruh tanah air. Nah untuk lebih jelasnya mengenai  informasi surat Edaran resmi Aplikasi Dapodokdasmen Semester 1 Tahun 2018/2019 dapat anda simak dibawah ini:

Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah selalu melaksanakan pemantauan pada kelengkapan dan mutu data-data satuan pendidikan pada sistem pendataan Dapodikdasmen. Hal tersebut dilakukan untuk beri dukungan kelancaran pemakaian data itu dalam beragam transaksional di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seperti BOS, PIP, tunjangan, dan sebagainya.

Pada  di ketahui beberapa satuan pendidikan belum juga/tidak melaksanakan sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen untuk memutakhirkan data-datanya.
Aturan Baru Perubahan Aplikasi Dapodik (Dapodikdasmen) 2018/2019 Semester 1
Perubahan Aplikasi Dapodik (Dapodikdasmen) 2018/2019 Semester 1

Menindaklanjuti hal semacam itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah sudah keluarkan Surat Nomor 5749/D/R/2018 Tentang Pemutahiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Semester 1 tahun Ajaran 2018/2019 Hal : Penyampaian daftar perubahan dan informasi Satuan Pendidikan yg tidak melaksanakan sinkronisasi.

Dalam surat itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah mengemukakan kepada semua Kepala Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota perihal sebagaimana berikut : Bagi OPS bila berkenan silakan baca Panduan Lengkap Aplikasi Dapodik Versi Terbaru Tahun 2018

Aturan Baru Perubahan Aplikasi Dapodik (Dapodikdasmen) 2018/2019 Semester 1

Dalam rencana mensupport proses ketentuan Aturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 79 Th. 2015 mengenai Data Pokok Pendidikan (DAPODIK), kami berikan bahwa salah tugas dari satuan pendidikan merupakan melakukan pemutakhiran data dengan cara berkala sekurang-kurangnya 1x dalam satu semester.

Daftar Perubahan Dapodikdasmen Versi 2019

1. Log Perubahan : Mewajibkan sekolah memiliki kurikulum 2013 untuk rombongan belajar dengan tingkat 1, 7, dan 10 di semua jenjang pendidikan.
  • Penjelasan : Cukup Jelas.


2. Log Perubahan : Penambahan validasi dengan status "warning" untuk mengecek jumlah rombel berdasarkan rasio jumlah peserta didik..

  • Penjelasan : Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses Pendidikan Dasar dan Menengah.


3. Log Perubahan : Menambah validasi dengan status "warning" untuk pesrta didik SD yang berumur dibawah 5 tahun 6 bulan terhitung dari tanggal 01 Juli 2018.

  • Penjelasan : Permendikbud Nomor 14 tahun 2018 tentang PPDB.


4. Log Perubahan : Penambahan Validasi dengan status "invalid" untuk semua TMP pada rincian GTK jika selisi tanggal lahir <15 tahun dari TMT tersebut.

  • Penjelasan : Kewajaran data usia saat pengangkatan sebagai PTK.


5. Log Perubahan : Penambahan fitur web servis untuk digunakan oleh aplikasi selain dapodikdasmen untuk kepentingan sekolah.

  • Penjelasan : Kompatibel dengan aplikasi E-rapor dan aplikasi PMP.


6. Log Perubahan : Penambahan dan mengkadarluasakan (Meng-expired-kan) refrensi tugas tambahan guru.

  • Penjelasan : Hal ini berdasarkan Permendikbud Nomor 15 tahun 2018 pememuhan beban kerja guru.

Itulah sedikit ulanasan terkait perubahan tekait pemutahitan Dapodik semester 1 2018/2019. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai peraturan perubahan terbaru di dapodik silakan Anda unduh di akhir postinagan ini.

Berkenaan dengan hal itu, kami mohon konfirmasi Saudara mengenai keaktifan satuan pendidikan dimaksud. Untuk unit pendidikan yang masih tetap beroperasi diharapkan cecepat mungkin segera melakukan sinrkonisasi paling lambat tanggal 21 septeber 2018. Jika satuan pendidikan tidak melaksanakan sinkronisasi hingga batas waktu yang ditetapkan 21 September 2018 yang merupakan batas akhir pengambilan data Cut off Program BOS untuk triwulan IV tahun 2018, maka dana bos .

Setelah itu kepada Bapak/Ibu Operator Dapodik harap menyiapkan data-data awal untuk pemutakhiran data Tahun Ajaran 2018/2019 Semester 1 yang nantinya dientri pada Aplikasi Dapodikdasmen versi baru. Pengumpulan data awal bisa memanfaatkan formulir yang sudah disiapkan pada Aplikasi Dapodikd bebrapa versi lama (juga dilampirkan pada pengumuman ini).

Pada Aplikasi Dapodikdasmen versus baru nanti cukup banyak pembenahan serta fitur baru, maka untuk persiapan kami lampirkan juga daftar perubahan-perubahan pada Aplikasi Dapodik versi baru.

Nah itulah aturan baru Pra-rilis Aplikasi Dapodikdasmen untuk Tahun Ajaran 2018/2019 Semester 1Demikian informasi yang dapat disampaikan sampaikan, semoga dengan perhatian serta kerjasama saudara serta rekan-rekan operator sekalian, kami ucapkan banyak terima kasih.

Untuk lebih jelasnya berikut info resmi tentang pemutahiran Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018/2019 Semester 1 Lengkap dengan formulir, berikut link unduhan informasi tentang daftar perubahan pada aplikasi dapodikdasmen dll.

Link Unduhan :


Semoga informasi yang admin bagikan mengenai Aturan Baru Tentang Pemutahiran Aplikasi Dapodik  tahun ajaran 2018/2019 Semester 1 ini dapat bermanfaat.