Perangkat Instrumen Akraditasi Paud SD SMP SMA SMK Terbaru Tahun 2022

Perangkat Instrumen Akraditasi Sekolah 2022 - Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) senantiasa berusaha meningkatkan mutu pelayanan, sistem, dan Instrumen atau akreditasi sekolah sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan. BAN-S/M senantiasa melakukan evaluasi dan inovasi untuk memenuhi empat gatra akreditasi yang bermutu yaitu perangkat, asesor, manajemen, dan hasil-hasil yang bermutu.
Perangkat Instrumen Akraditasi Sekolah SD SMP SMA SMK  Terbaru Tahun 2022
Perangkat Akraditasi Sekolah 2022 SD SMP SMA SMK

Tujuan Pengembangan Perangkat Akreditasi

Perangkat akreditasi sekolah/madrasah dikembangkan oleh BAN-S/M untuk menilai kelayakan suatu sekolah/madrasah berdasarkan kriteria yang mengacu pada standar nasional pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat akreditasi. Perangkat akreditasi digunakan untuk mengukur sejauh mana sekolah/ madrasah telah memenuhi standar nasional pendidikan.

Perangkat Instrumen Akraditasi Sekolah PAUD SD SMP SMA SMK  Terbaru Tahun 2022


Perubahan tersebut diberlakukan dengan beberapa pertimbangan. Pertama, adanya Standar Nasional Pendidikan yang baru, terutama terkait dengan pemberlakuan Kurikulum 2013 dan penguatan pendidikan karakter.

Proses penyusunan dan pengembangan Perangkat dan instrumen Akreditasi 2019 membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun melalui tahapan kajian/penyusunan naskah akademik, uji coba di provinsi, expert judgement, validasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), penyelerasan dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, dan diskusi dengan Balitbang Kemendikbud serta pihak-pihak terkait lainnya.

Berikut Penetapan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tentang Kriteria Dan Perangkat Akraditasi Sekolah SD SMP SMA SMK diantaranya yaitu
  • Instrumen akraditasi
  • Petunjuk teknis pengisisan instrumen akraditasi terbaru
  • Instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung
  • Teknik penskoran dan pemeringkatan hasil akrasitasi.

Petunjuk Umum Instumen Akreditasi Terbaru 2022

Periksalah kelengkapan perangkat Akreditasi SD/MI yang terdiri atas:
  1. Instrumen Akreditasi Terbaru;
  2. Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen Akreditasi BANSM terbaru.
  3. Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi Sekolah.
  4. Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi SD/MI.
Keempat dokumen ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, sebelum memilih jawaban pada butir-butir pernyataan ins-trumen Saudara harus mempelajari/memahami Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi dan mengisi Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi.

Isilah instrumen akreditas sekolah dengan cara memberi tanda ceklis (√) pada kotak opsi jawaban “A”, “B”, “C”, “D”, atau “E” pada butir instrumen yang meliputi 8 (delapan) komponen standar nasional pendidikan:

Jawablah semua butir secara obyektif dan jujur sesuai dengan keadaan sebenarnya yang ada di SD/MI Saudara.

Siapkanlah seluruh bukti fisik yang dipersyaratkan dalam Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi dan Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi Sekolah yang akan digunakan oleh Tim Asesor pada saat melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi.

Sebelum mengisi Instrumen Akreditasi, isilah terlebih dahulu (a) pernyataan kepala sekolah; dan (b) data identitas sekolah..

Untuk lebih jelasnya mengenai Kriteria dan perangkat instrumen akraditasi Sekolah SD SMP SMA SMK  Terbaru tahun 2022 dapat anda unduh dibawah ini.

Download Instrumen Akreditasi 2022 Terbaru Untuk Semua Jenjang


Berikut Instrumen Akraditas  SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK terbaru lengkap untuk semua jenjang yang dapat anda download.

Download Instrumen Akreditasi PAUD BAN-PNF Terbaru





Demikian informasi yng dapat admin bagikan mengenai Insrumen Akraditasi SD SMP SMA SMK  Terbaru Tahun 2022

Belum ada Komentar untuk "Perangkat Instrumen Akraditasi Paud SD SMP SMA SMK Terbaru Tahun 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel