Informasi PBSB 2018 dan Jadwal Pendaftaran Beasiswa 2018/2019

Informasi PBSB 2018 - Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) sebagai perwujudan pelaksanaan kegiatan strategis Penyediaan Subsidi Pendidikan Keagamaan Islam Bermutu pada Program Pendidikan Islam sebagaimana termaktub dalam Rancangan strategis Kementerian Agama (Kemenag) Tahun 2016-2019 dan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2016-2019, dengan menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi berkualitas dan ternama.

Informasi PBSB 2018 dan Jadwal Pendaftaran Beasiswa 2018/2019
Informasi PBSB 2018 dan Jadwal Pendaftaran Beasiswa 2018/2019 

Pendaftaran PBSB tahun angaran 2018/2019 telah dibuka. Berkenaan dengan informasi pendaftaran dan  pelaksanaan Seleksi Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun anggaran  2018 bertepatan tahun akademik 2018-2019 ,Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren ,Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam ,Kementerian Agama Republik Indonesia,mengumumkan beberapa hal terkait PBSB 2018 Kemenag.

Informasi Pendaftaran PBSB Kemenag 2018 – 2019 Berdasarkan Juknis PBSB 2018


Berikut Alur Pendaftaran PBSB Secara Umum tahun 2018 adalah sebagai berikut :


  1. Pesantren mengajukan pendaftaran.
  2. Operator pusat melakukan verifikasi berdasarkan ijin operasional dan data yang diinputkan oleh pesantren.
  3. Ketika operator pusat telah memverifikasi data pesantren, maka pesantren akan menerima email notifikasi dari operator pusat.
  4. Ketika verifikasi berhasil, maka pesantren dapat menginput data santrinya. Kemudian pesantren akan memperoleh no pendaftaran beserta password santri yang didaftarkan untuk login.
  5. Santri login menggunakan akun yang diperoleh dari operator pondok pesantren.
  6. Kemudian santri mengisikan seluruh informasi yang diminta dan menekan tombol finalisasi.
  7. Ketika operator kanwil login pada aplikasi pendaftaran PBSB, operator akan mendapatkan list santri yang asal pesantrennya berada pada provinsinya dan telah melakukan finalisasi data dan siap untuk diverifikasi.
  8. Operator kanwil akan melakukan verifikasi data pendaftar, dan menekan tombol valid jika kualifikasi pendaftar telah memenuhi syarat mendaftar PBSB.
  9. Ketika operator kanwil telah melakukan validasi. Maka rekapitulasi pendaftar akan berubah. Operator pusat, Kanwil dan perguruan tinggi dapat melihat status pendaftar di laporan untuk masing-masin Provinsi.

Pengertian Beasiswa PBSB 2018

Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) mempunyai pengertian diantaranya dalah sebagai Program Beasiswa Santri Berprestasi disingkat menjadi PBSB adalah sebuah program afirmatif perluasan akses santri untuk melanjutkan studi sarjana dan profesi melalui suatu program yang terintegrasi mulai dari proses kerjasama, pengelolaan, sistem seleksi khusus bagi santri, serta pemberian bantuan pembiayaan yang diperlukan bagi santri yang memenuhi syarat, sampai dengan pembinaan masa studi dan pembinaan pengabdian setelah lulus;

Madrasah Aliyah Swasta, selanjutnya disingkat MAS yang berada dalam naungan Pondok Pesantren, adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama atau setara SMP atau MTs;

TUJUAN
Adapun tujuan dari Program Beasiswa Santri Berprestasi :
1. Sebagai pemberdayaan sosial bagi santri melalui upaya memperluas akses bagi santri berprestasi yang memiliki kematangan pribadi, kemampuan penalaran, dan prestasi untuk memperoleh pendidikan tinggi, melalui tindakan afirmatif dalam seleksi masuk perguruan tinggi;
2. Sebagai pemberdayaan sosial bagi pesantren melalui upaya meningkatkan kualitas SDM pondok pesantren di bidang sains, teknologi serta sosial kemasyarakatan agar dapat mengoptimalkan peran pembangunan dimasa mendatang, melalui penguatan keilmuan di perguruan tinggi dan program pengabdian paska lulus;
3. Upaya pemberdayaan pesantren melalui penguatan pesantren sebagai lembaga pendidikan, dakwah dan pengembangan masyarakat, dengan pembentukan jaringan kerjasama antara dunia pendidikan tinggi dengan pondok pesantren.

Jadwal Pendaftaran PBSB 2018/2019

Pendaftaran calon peserta seleksi PBSB dilakukan secara online. Berikut jadwal PBSB Kemenag 2018:

  • Pendaftaran dimulai pada tanggal 15 Maret 2018 (Pukul 13.00 WIB);
  • Pendaftaran ditutup pada tanggal 15 April 2018 (Pukul 16.00 WIB);
  • Pelaksanaan seleksi pada tanggal 14 s.d. 18 Mei 2018 di seluruh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Indonesia yang telah ditentukan.
  • Pelaksanaan seleksi pada tanggal 08 Juli 2018 untuk pemilih Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya dengan lokasi seleksi menyusul diumumkan satu minggu sebelum hari pelaksanaan.


Informasi PBSB dalam mendaftar dihimbau untuk memperhatikan diantaranya:

  • Ketentuan dan Pelaksanaan Umum Seleksi (Lampiran I);
  • Kuota dan Syarat pilihan masing-masing Program Studi (Lampiran II);
  • Segala bentuk pemalsuan data mempunyai sanksi administrasi dan hukum;
  • Mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi, pesantren dan sekolah asal santri akan dimasukan daftar hitam (blacklist).

Proses pendaftaran dan pelaksanaan seleksi PBSB tidak dipungut biaya alias (GRATIS). Waspada dan hati-hati terhadap bentuk HOAKS dan PENIPUAN yang  mengatasnamakan PBSB. Untuk Informasi pendaftaran PBSB silahkan kunjungi www.pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id .

Syarat Pendaftaran PBSB Madrasah 2018

Kriteria Umum Peserta
1. Santri mukim minimal 3 tahun berturut-turut
2. Berusia maksimal (per 1 Juli 2018)
  • 20 tahun untuk santri tingkat akhir pada MAS (lahir pada tanggal 1 Juli 1998, 2 Juli 1998, dan seterusnya).
  • 23 tahun untuk santri lulusan Satuan Pendidikan Muadalah/Pendidikan Diniyah Formal/ Pesantren Salafiyah dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren (lahir pada tanggal 1 Juli 1995, 2 Juli 1995, dan seterusnya).

Memiliki akhlaq terpuji dan direkomendasikan oleh Pengurus Pondok Pesantren dibuktikan dengan surat dari Pimpinan Pesantren Asal Santri. Memiliki prestasi akademik dan non akademik dengan melampirkan piagam atau sertifikat. Diutamakan santri berprestasi berasal dari keluarga kurang mampu.


Berikut kami bagikan Info PBSB 2018 terkait beberapa hal yang terkait dengan kegiatan pendaftaran dan  pelaksanaan Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun anggaran  2018/2019 :

Download Juknis PBSB Tahun 2018.pdf  DISINI
Pengumuman Pendaftaran Kuota PBSB 2018_Lampiran I.pdf DISINI
Pengumuman Pembiyayaan Pendaftaran PBSB 2018_Lampiran II.pdf DISINI
Pengumuman Pendaftaran Kuota PBSB 2018.pdf DISINI

Demikian informasi Pendaftaran PBSB 2018 Madrasah Program Kemenag. Semoga info beasiswa jenjang madrasah ini dapat bermanfaat.