Panduan Instrumen PMP Terbaru Tahun 2017 SD SMP SMA SMK

Panduan Instrumen PMP Terbaru 2017 – Pemerintah  mengembangkan sistem informasi mutu pendidikan untuk mendukung proses pemetaan mutu pendidikan yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi tentang mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan di Indononesia. Maka dari itu Aplikasi PMP jejang SD SMP SMA telah resmi diterbitkan pada tgl 5 juni 2017 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu Lembaga Pemerintah Daerah dan sekolah.
Panduan Instrumen PMP Terbaru Tahun 2017 SD SMP SMA SMK
 Instrumen PMP Terbaru

Rencana Strategis Pembangunan Pendidikan dan memfasilitasi pemenuhan mutu di seluruh satuan pendidikan pada Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Pendidikan Dasar dan Menengah dikembangkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya.

Pemerintah mengembangkan sistem informasi mutu pendidikan untuk mendukung proses pemetaan mutu pendidikan yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi tentang mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Pemetaan mutu pendidikan berdasarkan data dan informasi dalam sistem informasi mutu pendidikan dilakukan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan sekolah.

Dalam instrumen kuesioner pmp SD SMP SMA/SMK ini disusun berdasarkan delapan komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Perangkat atau panduan Instrumen Pemetaan Mutu Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan terdiri atas panduan umum, kuesioner pemetaan, petunjuk teknis pengisian kuesioner pemetaan, formulir data pokok pendidikan dan rapor peta mutu pendidikan. Kelima dokumen ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam aplikasi PMP dasar dan menengah untuk mempelajari dan memahami perangkat instrumen ini.

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan panduan intrumen PMP versi terbaru 2017 yang dapat anda unduh diakhir postigan.

Panduan Aplikasi dan Instrumen PMP Terbaru 2017 SD SMP SMA SMK

Dalam panduan instrumen Aplikasi PMP versi 2017 ini terdpat beberapa pihak yang terlibat dalam pemetaan mutu pendidikan diantaranya sbagai berikut :

Siapa saja unsur yang menjadi responden dalam pengisian instrumen PMP?

Unsur-unsur yang menjadi responden Aplikasi PMP tahun 2017 yaitu kepala sekolah, pengawas sekolah, guru, peserta didik, oprator sekolah dan komite (perwakilan orang tua siswa).
Tak berbeda dengan pendahulunya, aplikasi PMP 2017 juga melibatkan banya pihak, diantaranya:

1. Kepala sekolah

2. Perwakilan Guru
Pengisian instrumen PMP minimal 1 guru per mata pelajaran dan total perwakilan guru minimal 8 - 10 guru.

3. Perwakilan Siswa
Minimal jumlah responden siswa per tingkat kelas yaitu 5 orang siswa dan total perwakilan siswa minimal 15 siswa setiap sekolah.

4. Perwakilan Komite Sekolah
Minimal 1 orang perwakilan pimpinan komite dan minimal 2 orang perwakilan orangtua siswa.

5. Pengawas Sekolah
Tugas pokok pengawas adalah melakukan verifikasi dan validasi terhadap data yang akan disampai-kan oleh sekolah.

6. Operator Sekolah
Petugas pemetaan mutu atau operator sekolah DAPODIK dapat dilibatkan untuk membantu sekolah dalam merekam serta mengirimkan data dan informasi pemetaan mutu melalui aplikasi PMP 2017 agar pengumpulan data yang ada di sekolah dapat berjalan lancar.

Nah itulah Parapihak yang terdapat di panduan instrumen Pengerjaan Aplikasi PMP versi terbaru 2017.

 Batas Waktu Pengerjaan PMP

Telah disampaikan dalam mukadimah, aplikasi PMP 2017 ditargetkan selesai pada bulan September 2017 atau 4 bulan setelah diluncurkan. Dipotong waktu libur akhir tahun kemudaian libur lebaran maka praktis tersisa sekitar 2,5 bulan. Karenanya, ops memang harus ekstra segalanya.

Kuesioner Pemetaan PMP

Sekolah dapat membentuk tim yang terdiri atas pihak-pihak relevan agar dapat mengawal proses pengumpulan data dan informasi pemetaan mutu berjalan optimal.

Kepala sekolah serata tim yang terkait dlm pengisian data harusnya mempelajari secara seksama setiap butir pernyataan pada komponen dengan membaca bagian panduan teknis pengisian kuesioner yg sesuai.

Kepala sekolah dan tim bisa berkonsultasi denganpengawas sekolah maupun petugas pemetaan mutu daerah atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan agar dapat mendapatkan informasi dan klarifikasi secra lengkap setiap butir pertanyaan pada instrumen.

Semua butir-butir pertanyaan harus dijawab dan diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya dengan mengacu dengan bukti fisik beserta non-fisik yang ada di sekolah.

Sedangkan untuk jawaban setiap butir pertanyaan harus diteliti kembali secara seksama sebelum di kirimkan ke server PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).
Jawaban untuk setiap butir pertanyaan perlu diteliti kembali secara seksama sebelum dikirim-kan ke server PMP Kemdikbud.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai Panduan Perangkat Instrumen Aplikasi PMP versi Terbaru tahun 2017. Untuk lebih jelasnya mengenai panduan instrumen pmp terbaru serta cara mengisi kuesioner pmp untuk kepala sekolah dapat Anda unduh dibawah Ini:

Download Instrumen SD SMP SMA SMK Terbaru Tahun 2017

Download Instrumen PMP SD.pdf
Download Instrumen PMP SMP.pdf
Download Instrumen PMP SMA.pdf
Download Instrumen PMP SMK.pdf
Download Aplikasi PMP 2017

Demikian dan semoga Panduan Instrumen PMP Terbaru 2017 SD SMP SMA SMK ini dapat bermanfaat.

Artikel Terkait Lainnya

0 Response to "Panduan Instrumen PMP Terbaru Tahun 2017 SD SMP SMA SMK"

Posting Komentar