Modul PKB Seni Budaya SMP Revisi Terbaru tahun 2017

Modul PKB Seni Budaya SMP Revisi 2017 diterbitkan oleh pemerintah untuk mendukung keberhasilan program PKB khususnya moda tatap muka dan moda daring kombinasi untuk bapak/guru yang mengajar mata pelajaran Seni Budaya guru SMP. Kali ini akan dibagikan beberapa modul profesional dan pedagogik lengkap terdiri dari Seni Rupa, tari, musik, dan teater sebagai pendukung sesuai kelompok kompetensi.

Modul PKB Seni Budaya SMP Revisi Terbaru tahun 2017
Modul PKB Seni Budaya SMP

Jadi dengan adanya Modul PKB ini mudah-mudahan menjadi bahan pnduan pembelajaran utama dalam pelaksanaan program diklat PKB guru mata pelajaran seni budaya seni rupa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai tindak lanjut dari Uji Kompetensi Guru (UKG). 


Modul PKB Seni Budaya SMP Revisi Terbaru tahun 2017

Program PKB merupakan salah satu strategi pembinaan guru dan tenaga kependidikan diharapkan dapat menjamin guru dan tenaga kependidikan agar mampu secara terus menerus memelihara, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Kegiatan PKB guru akan mengurangi kesenjangan antarakompetensi yang dimiliki pendidik dan tenaga kependidikan sebagai tuntutan profesional yg diyaratkan.

Potensi – potensi yang ada dalam pembelajaran seni budaya tersebut hanya dapat diwujudkan apabila guru yang melaksanakan proses pembelajaran memiliki kompetensi di bidang seni budaya sesuai dengan tuntutan standar kualifikasi guru seni budaya. Materi tersebut terintegrasi dengan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter yaitu religius, nasional, mandiri, gotong royong dan integritas.

Berkaitan dengan hal tersebut, modul PKB Seni Rupa jenjang SMP ini akan membahas tentang kompetensi pedagogik dan profesional. Kompetensi pedagogik berkenaan terhadap teori-teori pendidikan serta kemampuan mengaplikasikannya di dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik. Sedangan kompetensi profesional yaitu menyangkut terhadap substansi materi yang harus diajarkan sesuai dengan bidang tugas guru tersebut.

Kedua materi baik yang bersifat pedagogik maupun profesional pada modul ini bersifat sangat mendasar karena materi-materi itu merupakan dasar utama bagi seorang guru seni budaya yang akan megajarkan aspek seni rupa.

Modul ini disusun sebagai bahan Pengembengan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru seni budaya khususnya guru yang mengajarkan materi seni rupa. Modul ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan tentang karakteristik peserta didik, kesulitan belajar, essensi pendidikan seni, dan unsur-unsur rupa serta aplikasinya di dalam pembelajaran seni budaya di jenjang Sekolah Menengah Pertama, tujuan tersebut terintegrasi dengan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter yaitu religius, nasional, mandiri, gotong royong dan integritas.

Bagi peserta guru diklat ada baiknya menyiapkan diri dengan cara mempelajari lebih dulu Modul Materi Diklat PKB Mata Pelajaran Seni Budaya SMP tarbaru revisi 2017 yang ada di bawah ini. Guru sasaran peserta diklat PKB ini adalah mereka yang sudah pernah mengikuti UKG 2015 atau UKG 2016.

Download Modul PKB Seni Budaya SMP Tahun 2017





Nah itulah materi penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa dan sebagai peran guru profesional. Semoga guru – guru hebat yang mempelajari Modul PKB Seni Budaya SMP Revisi Terbaru ini dapat meningkatkan prestasi pendidikan anak didik di sekolah.

Artikel Terkait Lainnya