Panduan Prakondisi PLPG Sertifikasi Guru Terbaru

Panduan Prakondisi atau pembekalan awal PLPG sertifikasi guru merupakan sebuah program kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh guru yang menjadi peserta PLPG. Adapun tujuan Prakondisi PLPG ini yaitu supaya para guru/peserta lebih siap untuk mengikuti program PLPG yang akan berjalan. Jadi program ini dibilang cukup penting bagi guru agar dapat terdaftar di aplikasi prakondisi PLPG Sertifikasi Guru.
Panduan Prakondisi PLPG Sertifikasi Guru Terbaru
Prakondisi PLPG 

Dalam proses tahapan prakondisi pembekalan awal PLPG, peserta mempelajari 2 sumber belajar yaitu: pedagogik & belajar bidang studi.

Prakondisi PLPG Sertifikasi Guru, dilksanakan selama 3 bulan, di mana setiap peserta PLPG memiliki kewajiban untuk membuat sebuah laporan kemajuan sebanya 4 kali. Kemudian untuk nilai akhir Prakondisi awal PLPG merupakan akumulasi dari 30% skor proses, 30% skor laporan, dan 40% presentasi laporan.

Setiap rombel rata-rata pembekalan awal PLPG, rata-rata terdiri dari 10 orang peserta, dan setiap rombel  difasilitasi oleh 1 orang mentor.

Nah bagi Anda yang ingin memiliki bahan ajar silakan unduh pda alamat http://sertifikasiguru.id.
Sedangkan untuk Perakondisi (Pembekalan awal PLPG) dilaksanakan dengan secara daring (online) pada alamat https://ksg.kemdikbud.go.id/ 

Panduan Prakondisi PLPG Sertifikasi Guru Terbaru 2017

Adapun Menu Aplikasi pra kondisi PLPG yaitu memiliki 3 bagian menu diantaranya adalah sebagi berikut.
  • Menu Monitor
  • Menu Guru
  • Menu Admin ASG LPTK

Itulah menu yang terdapat pada aplikasi prakondisi/pembekalan awal PLPG sertifikasi guru dalamjabatan 2017. Berikut merupakan panduan lengkap petunjuk teknis aplikasi prakondisi PLPG dapat anda simak dibawah ini :

Panduan Aplikasi Prakondisi PLPG Sertifikasi Guru Terbaru

Berikut merupakan penjelasan tentang terminologi yang dilakukan untuk PLPG  adalah sebagai berikut :

  • PLPG ABS yaitu peserta PLPG tahun 2017 dari alumni beasiswa S2, saat ini baru akan diverifikasi.
  • PLPG 2017 Reguler yaitu  peserta merupakan peserta yang sudah menjadi peserta dan sudah di terdaftar di LPTK penyelenggara PLPG .
  • PLPG KG yaitu peserta atau instruktur Keahlian Ganda (KG), peserta ini saat ini baru akan di verifikasi.
  • PLPG Prestasi yaitu peserta yang berasal dari guru yang memiliki prestasi.

Bagi setiap guru apabila ingin menggunakan aplikasi prakondisi diharapkan untuk mempunyai username dan passwod untuk login di https://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan. Untuk Username dan password tersebut yang telah ditentukan sebelumnya atau sudah <digenerate> oleh pihak Admin LPMP dan kemudian dibagikan oleh setiap peserta prakondisi PLPG guru melaluia dinas pendidikan kabupaten/kota/propinsi.

Tampilan Halaman Depan Apliaksi Prakondisi

  • Menampilkan data/identitas peserta.
  • Daftar peserta setiap rombel.
  • Daftar masuk ke kelas untuk proses mentoring.

Untuk melakukan mentoring yang diawali dengan guru terdapat 2 fitur menu masuk yaitu forum dan laporan kemajuan.

Bagi setiap peserta wajib mengumpulkan (mengunggah) 4 laporan hasil dari studi mandiri yang dilaksanakan; 1 u/ materi pedagogik dan 3 u/ materi bidang studi. Batas pengumpulan ditentukan oleh mentor. Kemudian laporanya harus diunggah oleh guru karena halini sebagai bagian dari penilaian plpg.

Nah untuk lebik jelasnya mengeni panduan lengkap Cara Mengunggah/Mengirim Kemajuan Prakondisi PLPG terbaru silakan dapat Anda unduh DISINI tau dibawah ini.


Itulah informasi yang dapat Admin bagikan mengenai Panduan Prakondisi PLPG Sertifikasi Guru terbaru 2017 buat bapak/ibu guru. Demikian dan semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Artikel Terkait Lainnya