Cara Registrasi SIM PKB Guru Pembelajar Terbaru 2017

Cara Registrasi SIM PKB Guru Pembelajar Terbaru 2017 – Dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan kelanjutan dari Guru Pembelajar dengan tujuan untuk meningkatkan kopetensi guru. Agar dapat mengikuti progaram PKB maka semua guru yang telah mengikuti UKG 2015 wajib memiliki akun sim guru pembelajar.

Cara Registrasi/Login SIM PKB Guru Pembelajar Terbaru 2017
Registrasi Login SIM PKB Guru Pembelajar 

Program Registrasi PKB ini, dapat dilaksanakan memlalui basis komonitas Guru ( PKG / KKG/ KKKS / MGMP / MKKS / MKPS). Itulah merupakan proses agar dapat mengikuti Registrasi Sim PKB maka dari itu senua guru wajib masuk kedalam komonitas guru. Jangan Lupa Downlaoad Modul PKB Guru SD Kelas Rendah Dan Tinggi

Namun kali ini admin akan memberikan informasi dari dirjen GTK agar semua guru dan tenaga kependidikan yang terdaftar dalam kelompok kerja melalui sistem informasi agar dapat diakses melalui alamat https://sim.gurupembelajar.id atau https://paspor.simpkb.id/casgpo/login.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut bagi Anda yang ingin mengetahui  cara registrasi dan Login Sim PKB atau pendaftaran Kelompok kerja guru atau kepala sekolah maupun pengawas dapat anda simak dibawah ini.


Cara Registrasi/Login SIM PKB Guru Pembelajar 2017

Berikut panduan singkat cara mendaftar Sim PKB silakan masuk Paspor Guru Pembelajar :
Langkah awal silakan Anda msuk di laman https://sim.gurupembelajar.id atau bisa juga di https://app.simpkb.id/akun/registrasi.

Pilih menu Registrasi, Kemudian akan muncul tampilan registrasi akun guru pembelajar.
Jika lupa nomor peserta atau belum mengikuti UKG 2015 ikuti proses tahap 2 untuk mencarinya.

Selanjutnya silakan pilih Tombol “Cari No. UKG”
Kemudian Pilih Propinsi
Selanjutnya, pilih kab/kota
Setelah memilih kab/kota lalu Ketik Nama Peserta / PTK
Langkah selanjutnya Klik Tombol “Cari GTK
Tunggu beberapa saat maka pencarian menampilkan hasil berupa Nama PTK, Instansi dan Nomor UKG.

Ket :
Bila  No. Peserta dengan Kode di depannya 2015 bertanda GTK tersebut sudah melakukan UKG pada tahun 2015.
Nah, apabila No. peserta dengan angka di depan 2016 berarti GTK tersebut belum melakukan pendaftaran atau belum UKG dan rencananya akan diadakan Pretest pada Tahun 2017.
Baca Download Modul Diklat PKB SMP Lengkap Semua Mapel

Bagi peserta UKG 2015 dapat langsung melakukan registrasi dengan memasukkan nomor peserta serta tanggal lahir sesuai format yang disediakan lalu dapat langsung melanjutkan Registrasikan No. UKG.
Setelah mengtahui nomor peserta UKG silakan catat Nomor UKG nya, kemudian klik tombol “<< Kembali ke Login / menu registrasi>> ”, kemudian klik tombol Registrasi Akun kembali untuk melakukan registrasi PTK yang belum melakukan UKG,

Selanjutnya masukan Nomor UKG yang telh di catat sebelumnya ke kolom “Nomor Peserta UKG” dan jangan lupa masukan tanggal lahir PTK nya ke kolom “Tanggal Lahir Anda”, klik kotak samping tulisan Saya bukan robot, lalu Klik Tombol “Register”. Kemudian tunggu beberapa saat maka akan tampil kolom persetujuan.

Lalu Klik tombol Setuju untuk melihat Surat pemberitahuan bahwasanya Anda  dapat login sim GPO guru pembelajar PKB, Kilik Simpan.

Nah, itulah cara registrasi sim PKB 2017 yang dapat digunakan Login/mengakses layanan sebagai bukti registrasi Guru Pembelajar.

Untuk langkah selanjutnya setelah berhasil tersimpan surat pemberitahuannya, kemudian buka file akun PTK tersebut dan lakukan login ke alamat awal : https://paspor.gurupembelajar.id/casgpo/login , Setelah berhasil login, selanjutnya sesuaikan data PTK tersebut sesuai dengan kondisi sekarang. Lalu pilih Simpan maka akan muncul profil PTK nya.

Sedangakan bagi Anda yang belum pernah mengikuti UKG pastinya akan ada peringatan worning “ Anda Wajib Mengisi  Pretest”, yang bertanda anda belum pernah terdaftar dikomonitas PKB.

Untuk tahap terakhir Pastikan PTK tersebut terdaftar di Komunitas KKG/MGMP. Lakukan penambahan anggota oleh ketua KKG/MGMP pada akun Komunitasnya.

Cara Login Sim PKB Guru Pembelajar

Setelah login SIM Guru Pembelajar, anda dapat melihat hasil nilai UKG 2015, terdapat sepuluh poin yang harus terpenuhi, jika masih banyak nilai merah / belum terpenuhi, anda harus memenuhi nilai tersebut. Pelajari juga materi Modul PKB Guru SD Kelas Rendah dan Modul PKB Kelas Tinggi dari sekarang.

Untuk lebih jelasnya silakan anda unduh Panduan Lengkap Registrasi  Login SIM PKB Guru Pembelajar 2017 terbaru yang dilengkapi dengan gambar dibawah ini :

Download Panduan Registrasi  Login SIM PKB Guru Pembelajar 2017.pdf
Download Panduan Tata Kelola Komunitas GTK.pdf
Juknis SIM Guru Pembelajar Tahun 2017 (SIM PKB Guru)

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang tata Cara Login Sim PKB Guru Pembelajar Terbaru tahun 2017 ini, semoga dapat bermanfaat buat bapak/ibu.

Artikel Terkait Lainnya

12 Responses to "Cara Registrasi SIM PKB Guru Pembelajar Terbaru 2017"

  1. Bagaimana mendapatkan komunitas MGMP?? Sedangkan saya belom pernah terdaftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan daftarkan diri Anda dengn cara menghubungi ketua komunitas untuk memastikan PTK sdh menjdi anggota komunitas. untuk panduan komonits dapat anda unduh diatas. terimakasih

      Hapus
  2. banyak sekali carax yg mana nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika anda sudah punya no UKG langsung saja registrasi langsung saja https://app.simpkb.id/akun/registrasi
      jika anda blum pnya ukg atau lupa nomornya cari disini https://app.simpkb.id/akun/ptk setelah ketemu nomornya bisa langsung registrasi. jika anda sudah registrasi atau lupa paswod silakan minta reset paswod ke ketua komonitas, admin dinas atau admin P4TK

      Hapus
  3. sudh dicoba registrasi, tapi ga bisa² .. prov dan kab/kota ny ga bisa dipilih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin laman sim pkb guru sedang maintenance/perawatan silakan dicoba kembali sekarang sudah bias.

      Hapus
  4. Jika sudah pernah mengikuti GPO moda daring th 2016???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek saja..dgn cara login ke akun sim pkb

      Hapus
  5. Sudah di cari no ukg. Tp data tidak ditemukan. Bagaimana solusinya? Gtk sebelumnya belum pernah ikut ukg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam penerbitan akun guru yang belum melakukan UKG dapat dilakukan dengan melakukan langkah-langkah berikut.
      silakan masuk kelaman ini paspor.gurupembelajar.id/casgpo/log, klik menu Registrasi Akun, untuk caranya baca diatas sudah ada langkahnya. Trimaksah.

      Hapus
  6. Apakah Guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah HARUS Regristrasi ke komunitas MKKS atau boleh ke MGMP?

    BalasHapus