Panduan Verval PD Verifikasi Dan Validasi NISN Peserta Didik SD SMP SMA Dan SMK Terbaru

Panduan Verval PD Verifikasi Dan Validasi NISN Peserta Didik - merupakn informasi yang akan admin bagikan buat sahabat OPS Dapodik karena panduan varifikasi dan validasi data peserta didik saat ini resmi diterbitkan oleh Pusat Bantuan Dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2017.
Adapun fiktur terbaru pada pengelolaan data peserta didik pada laman aplikasi verval pd dinataranya yaitu menu Belum Memiliki NISN, Status Pengajuan Mutasi dan Data Invalid. Itulah 3 fiktut terbaru pada laman aplikasi verval pd saat ini.

Verifikasi Dan Validasi NISN Peserta Didik DI Aplikasi Verval PD  SD SMP SMA Dan SMK Terbaru

Lalu bagaiman cara login verval pd untuk verifikasi dan validasi nisn peserta didik berikut penjelasnya.

Untuk mengetahui lebih jelas agar operator sekolah dalam memverifikasi dan memvalidasi data peserta didik  berikut mimin uraikan tentang panduan verval pd kemdibud dapat anda simak dibawah ini.

Bagi operator sekolah yang akan melakukan pendataan verval pd nisn diharapkan harus terdaftar lerlebih dahulu di laman SDM Kemdikbud. Jadi intinya bagi OPS yang belum terdaftar silakan melakukan registrasi SDM terlebih dahulu, silakan masuk keaplikasi Verval PD Login di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/  sementara bagi operator yang telah terdaftar diharapkan secara berkala melakukan update surat penugasan minimal setiap awal tahun pelajaran.

Apabila OPS sudah terdaftar maka Anda dapat login di laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id silakan Isi  username  (email)  dan  password  sesuai  dengan  akun  terdaftar di SDM Kemdikbud.

Pada menu beranda aplikasi ini pada bagian kiri menampilkan perbandingan data peserta didik pada diagram pie, bila krusor kita arahkan ke diagram pie  tersebut maka akan  terlihata data jumlah peserta didik yang sudah valid dalam  referensi yang di gambarkan dengan warna biru, data invalid warna merah, data belum memiliki NISN warna ungu dan data tidak memiliki NISN warna orange di sertai dengan angka dan presentasenya sesuai data hasil sinkronisasi dari aplikasi dapodik. Sedangkan pada bagian kanan menampilkan grafik progres  harian verval per tanggal, menu ini menggambarkan aktivitas operator sekolah per hari.

Panduan Verval PD Verifikasi Dan Validasi NISN Peserta Didik SD SMP SMA Dan SMK

Berikut penjelasan yang ada pada aplikasi verval pd yang memiliki daftar menu tambahan pada Informasi Verifikasi dan Validasi Peserta Didik untuk semua jenjang sekolah yang dapat anda simak dibawah ini .

Daftar Menu Pada Laman Verval PD Kemdikbud Terbaru

Berikut 6 menu yang terdapat pada aplikasi verval pd

1. Menu Referensi
2. Menu Residu
3. Menu Belum Memiliki NISN
4. Menu Status Pengajuan Mutasi
5. Menu Data Invalid
6. Menu Edit Data

1. Menu Referensi

Pada menu referensi yang ini terdapat 2(dua) menu diantaranya yaitu referensi aktif dan lulusan.

Menu Referensi Aktif 
Referensi katif berfungsi untuk menampilkan data peserta didik yang sudah memiliki NISN valid dan data siswa aktif ini sesuai dengan data dapodik tahun pelajaran berjalan. Pembaruan pada fitur ini yaitu fitur UNMATCH telah dhapus jadi OperatorSekolah diharus lebih teliti dan harus berhati-hati disaat mengelola data residu MATCH atau NOT MATCH karena data residu yang sudah menjadi data referensi tidak akan bisa dikembalikan lagi ke residu seperti pada versi sebelumnya.

Menu Terbaru Referensi Lulusan
Referensi Lulusan , berfungsi menampilkan data peserta didik yang sudah lulusan dari aplikasi dapodik pada tahun pelajaran sebelumnya, baik yang sudah sudah/belum memiliki  NISN yang valid dengan keterangan melanjutkan ke jenjang berikutnya jika data sudah di tarik on line oleh OPS penerima di sekolah tujuan.

Untuk Lebih jelsnya mengenai download panduan cara mengajukan Edit Identitas Verval pd DISINI

2. Menu Residu

Fitur Residu adalah menu yang dapat digunakan untuk sekolah jenjang SMP dan SMA/SMK. Jadi intinya menu Residu ini berfungsi untuk Menampilkan data peserta didik kelas 7 atau kelas 10 yang belum memiliki NISN yang valid, walaupun di aplikasi dapodik telah dientrikan NISN. Data juga akan dianggap sebagai residu jika ada perbedaan entri empat variabel (NISN, Nama, tempat, dan tanggl lahir) antara data dapodik dan arsip NISN.

Langkah cara menyelesaikan residu dengan melakukan pencarian data pembanding caranya sebagai berikut :

Klik data peserta didik, maka sistem VervalPD akan menampilkan hasil pencarian 1 dari database arsip NISN. Identifikasi kemiripan atau kesesuaian data residu dengan data pembanding (pencarian ke-1) pada variabel nama, tempat, tanggal lahir dan nama ibu kandung.

Bagaiman bila hasil identifikasi data pembanding (pencarian ke-1) tidak mirip/tidak sesuai ? caranya yaitu dengan lakukan pencarian data pembanding kemudian dengan menekan tombol Search Next sebanyak 5 (lima) kali pencarian.

Kemudian bagaimana bila hasil identifikasi data pembanding sesuai atau mirip ?  Silakan  klik data pembanding lalu tekan tombol Match. Tujuan menekan tombol Match yaitu secara otomatis semua data peserta didik akan segera berpindah ke Referensi Aktif dengan NISN dari data pembanding dan penulisan maka data akan mengikuti penulisan data Residu dari Dapodik, dan kemudian akan menghilang dari residu.

Apabila dari ke-5 opsi data pembanding pencarian ke-1 - ke-5 tidak ada yang sesuai atau mirip, silakan anda tekan tombol Not Match. Kemudian tombol akan aktif di akhir pencarian data pembanding ke-5 kemudian dapat digunakan. Adapun tujuan tombol Not Match adalah data pada vervalPD secara otomatis sistem akan memberikan NISN baru untuk data peserta didik yang dimaksud.

Tips Cara Melakukan Verval NISN Data Residu

Untuk setiap NISN yang sudah masuk entri dapodik belum tentu selalu dianggap valid oleh VervalPD. Jika ada perbedaan entri/input antara data dapodik dan data arsip NISN, maka data peserta didik tersebut akan dianggap sebagai residu terlebih dahulu.

Seluruh data yang tampil sebagai residu harus diselesaikan satu-persatu oleh operator sekolah langsung.

Konsep penyelesaian residu cukup sederhana, yaitu dengan mencari dan memilih data pembanding dari database arsip NISN yang ditampilkan oleh sistem VervalPD. Kesesuaian data pembanding ditentukan berdasarkan identifikasi terhadap nama, tempat lahir, tanggal lahir dan nama ibu kandung peserta didik.

Untuk itu bagi operator sekolah tidak boleh membiarkan data Residu atau tidak menyelesaikan data residu dngan tuntas. Semua data Residu harus dipindahkan ke Referensi dengan 2 (dua) pilihan yaitu Match atau Not Match, tidak boleh dibiarkan di Residu.

Apabila tidak menemukan NISN yang “diinginkan” dari data pembanding (pencarian 1 s/d 5), klik Not Match saja, kemudian ajukan pembuatan NISN baru terlebih dahulu supaya data bisa berpindah ke referensi aktif dengan NISN baru. Sedangan bila NISN baru tidak sesuai dngan NISN yang di dokumen ijazahnya, maka ajukan perubahan NISN melalui menu edit NISN.

Untuk lebih Jelasnya silakan download panduanya dibawah ini :



Untuk Lebih jelasnya mengenai Panduan Verval PD Verifikasi Dan Validasi NISN peserta didik SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2017 secara lengkap Bapak/ibu dapat mendownloadnya pada link dibawah ini :

File Unduhan :



Demikian panduan lengkap verval pd untuk operator tentang Verifikasi dan Validasi Nisn Peserta Didik jenjang SD SMP SMA dan SMK, Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Lainnya

0 Response to "Panduan Verval PD Verifikasi Dan Validasi NISN Peserta Didik SD SMP SMA Dan SMK Terbaru"

Posting Komentar