Download Panduan Pengisian Kerusakan Bangunan Versi Dapodik 2017 Terbaru

Panduan Pengisian Kerusakan Bangunan Versi Dapodik 2017 Terbaru – merupakan informasi yang akan bingkaiguru bagikan buat bapak/ibu guru karena pada palikasi dapodik sudah lama diwajibkan untuk mengentri tingkat kerusakan bangunan sekolah.

Download Panduan Pengisian Kerusakan Bangunan Versi Dapodik 2017 Terbaru
Panduan Pengisian Kerusakan Bangunan Versi Dapodik 2017

Namun kebanyakan operator sekolah maupun kepala sekolah dalam mengentri pengisian data kerusakan bagunan di aplikasi dapodik tanpa paduan, jadi saat pengimputan hanya dengan perkiraan saja. Nah pada kesempatan kali ini admin akan membagikan panduan cara pengisian kerusakan bangunan dapodik 2017 yang dapat anda unduh diakhir postingan ini.

Panduan Cara Mengetahui Persentase Pengisian Kerusakan Bangunan Versi Dapodik tahun 2017


Didalam panduan Pengisian Kerusakan Bangunan Versi Dapodik 2017 terdapat analisis tingkat kerusakan yang terjadi pada bangunan diantaranya sebagai berikut :
  • Tingkat kerusakan   0 – 30% : kategori rusak ringan
  • Tingkat kerusakan 30 – 45% : kategori rusak sedang
  • Tingkat kerusakan 45 – 65% : kategori rusak berat
  • Tingkat keruskan   > 65% : kategori rusak total


Kategori Kerusakan Ringan
  1. Cara mengetahui persentase Kerusakan Ringan meliputi kerusakan dinding retak halus, kerusakan tidak tembus,plesteran boleh terkelupas,plafon dan listplank boleh rusak, Tidak ada kerusakan struktural. 
  2. Tindakan yang dinjurkan yaitu Bangunan tidak perlu dikosongkan, hanya perlu perbaikan kosmetik secara arsitektural agar daya tahan bangunan tetap terpelihara.


Kategori Kerusakan Sedang
  1. Dinding partisi retak tembus atau roboh sebagian. Bagian struktural ( kolom, balok, kuda – kuda) mengalami kerusakan tetapi masih dapat diperbaiki. Dinding structural ( bangunan tanpa kolom dan balok ) mengalami kerusakan yang masih dapat diperbaiki.
  2. Tidakan yang dianjurkan yaitu Bangunan perlu dikosongkan dan boleh dihuni kembali setelah dilakukan perbaikan dan perkuatan untuk dapat menahan beban gempa.


Cara menentukan persentase  tingkat kerusakan pada bagian kepala bangunan diantaranya adalah genteng, sirap,  seng, metal sheet/zincalum atau bahan lain yang biasa digunakan sebagai penutup atap struktur rangka dibawah penutup atap (reng, usuk/kasau, gording) termasuk kuda-kudanya.

Menentukan persentase tingkat kerusakan leher bangunan diantaranya adalah  Penutup & list plafond ( tripleks, asbes atau bahan lain yang digunakan sebagai penutup plafond dengan list-nya), Cat Plafond (cat yang digunakan untuk warna penutup plafond dengan list-nya), Rangka plafond (struktur rangka diatas plafond yang berfungsi menyangga penutup plafond)

Sedangkan cara menentukan persentase  tingkat kerusakan badan bangunan diantaranya yaitu Dinding (dinding dari bahan bata merah/batako/papan atau bahan lainnya), pintu dan jendela (kusen dan daun pintu dan jendela), pintu dan jendela, kolom dan ring balok (struktur rangka beton bertulang pada bidang dinding yang menopang beban atap).

Nah itulah cara menentukan persentase atau cara menghitung tingkat persentase kerusakan pada bangunan sekolah.

Untuk lebih jelasnya mengenai Panduan Pengisian Kerusakan Bangunan Versi Dapodik terbaru tahun 2017 dapat anda Unduh DISINI atau dibawah ini:


Demikian postingan kali ini mengenai Panduan Pengisian Kerusakan Bangunan Versi Dapodik 2017 Terbaru semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait Lainnya