Panduan Pedoman Bimbingan Dan Konseling (BK) SD, SMP, SMA/SMK Tahun 2017

Panduan Pedoman Bimbingan Dan Konseling (BK) SD, SMP,SMA/SMK Tahun 2017 - Guru bimbingan dan konseling atau konselor dan guru kelas/mata pelajaran memiliki peran penting untuk memberikan ransangan yang tepat sehingga sel-sel otak berkembang dan berfungsi secara optimal untuk mendukung kematangan semua aspek perkembangan. Perkembangan yang optimal pada usia di Sekolah Dasar menjadi fondasi yang kuat bagi perkembangan pada tahap-tahap berikutnya.

Panduan Pedoman Bimbingan Dan Konseling (BK) SD, SMP, SMA/SMK Tahun 2017

Panduan Pedoman Bimbingan Dan Konseling (BK) SD, SMP, SMA/SMK Tahun 2017

Bimbingan dan koseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Sebgai upaya peningkatan mutu bimbingan dan konseling di Indonesia, maka semua naskah oprasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Rebublik Indonesia tersebuat.

Padoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan sebagaimana lampiran Permendikbuad tersebuat merupakan Pengganti pedoman penyelenggaraan bimbingan dan konseling yang sudah terbit dan diperlakukan pada SD,SMP,SMA dan SMK. Perbaikan terhadap peraturan tersebuat dilakukan oleh tim penyusun peraturan dengan menggunakan melalui mekanisme yang baik dan etis, serta kajian secara ilmiah.

Pada saat ini peserta didik hidup dalam masyarakat semakin heterogen, teknologi semakin canggih, dan kesempatan berkembang semakin luas. Peserta didik menghadapi tantangan-tantangan yang unik dan bervariasi, yang berdampak pada perkembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir.  Untuk membantu peserta didik menjadi generasi penerus yang siap menghadapi kondisi tersebut, dibutuhkan dukungan orangtua, guru, guru bimbingan dan konseling atau konselor, serta orang-orang dewasa lain di sekitarnya.

Pelayanan bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari program pendidikan di sekolah yang seyogianya dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling atau konselor yang memiliki kompetensi yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

Tujuan Panduan Pedoman Bimbingan Dan Konseling
Pedoman ini dimaksudkan untuk memberi arah penyelenggaraan layanan bimbingan dan
konseling dalam implementasi kurikulum 2013. Secara khusus bertujuan untuk:
  • Memfasilitasi guru bimbingan dan konseling atau konselor dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan tindak lanjut layanan bimbingan dan konseling;
  • Memberi acuan dalam mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling secara utuh dan optimal dengan memperhatikan hasil evaluasi dan daya dukung sarana dan prasarana yang dimiliki;
  • Memberi acuan dalam monitoring, evaluasi dan supersivi penyelenggaraan bimbingan dankonseling.

Untuk lebih jelasnya mengenai Surat Edaran tentang Pedoman dan Panduan Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) untuk SD, SMP, SMA/SMK tahun 2017 dapat Anda unduh dibawah ini.

Panduan Pedoman Bimbingan Dan Konseling (BK) SD, SMP, SMA/SMK Tahun 2017

Demikian informasi mengenai Panduan Bimbingan Konseling terbaru tahun 2107 ini, semoga dapat bermanfaat buat Bapak/ibu Guru.

Artikel Terkait Lainnya

0 Response to "Panduan Pedoman Bimbingan Dan Konseling (BK) SD, SMP, SMA/SMK Tahun 2017"

Posting Komentar